Lain-lain

Cara Mengobati Batuk dari Bahan Alami

Sekarang ini kondisi cuaca memang sedang tak bersahabat, bikin badan jadi gampang nge-drop. Akibatnya banyak penyakit-penyakit datang menyerang. Nah salah satu penyakit yang paling sering muncul ketika cuaca sedang buruk adalah batuk. Pada umumnya batuk akan disertai dengan panas demam dan hidung tersumbat, kombinasi antara flu dan batuk tersebut tentunya membuat kamu jadi tidak semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Yuk segera obati dengan obat batuk alami berikut ini!

Kacang Almond

Ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa kacang almond bisa dijadikan sebagai obat batuk alami. Banyak manfaat dari kacang almond mulai dari mengatasi sembelit, anemia, diabetes, gangguan jantung, bahkan sakit ringan seperti batuk. Cara mengolah kacang almond untuk dijadikan obat yaitu pertama sediakan beberapa butir kacang almond, rendam didalam air semalaman, lalu haluskan kacang diblender atau tumbuk sampai lembut seperti pasta. Campurkan dengan 1 send mentega. Konsumsi obat ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari hingga batuk hilang.

Jeruk nipis & Kecap

Yup, obat batuk alami satu ini sudah sangat umum dicoba untuk kita mengatasi batuk menyerang. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis juga mampu meringankan batuk dan memberikan sensasi lega pada tenggorokan. Untuk membuat obat batuk alami ini juga cukup mudah, siapkan perasan jeruk nipis dan kecap, campur kedua bahan tersebut. Lalu minum dua sampai tiga kali sehari sampai batukmu tidak datang kembali.

Air Hangat

Sudah dari jaman nenek moyang bahwa air putih dikenal sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan batuk membandel. Pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh dapat dihambat dengan rajin meminum air hangat. Selain itu, dengan minum air hangat tenggorokan juga menjadi lebih terasa lega dan nyaman. Minum air putih hangat bisa jadi pertolongan pertamamu dikala batuk menyerang, selain mudah didapat juga mujarab untuk kamu coba.

Jahe Hangat

Dinginnya malam hari buat kamu butuh minuman hangat rebusan jahe. Selain dapat menghangatkan tubuh, rebusan jahe juga bisa dijadikan obat alami batuk lho. Saat batuk tak terkontrol di malam hari, rebusan jahe bisa membantumu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan seketika. Kandungan antioksidannya mampu mematikan bakteri dan virus pada saluran tenggorokan, serta meningkatkan kekebalan tubuh dengan senyawa gingerol dalam tubuh. Cara buatnya juga mudah, masak atau didihkan irisan jahe secukupnya dalam tiga gelas air selama 15 menit, angkat dan saring, kemudian tambahkan sesendok madu, jadi deh. Minum selagi hangat ya.

Jus Wortel

Sayur wortel terkenal akan kandungan vitamin A-nya, yang mampu meningkatkan kinerja daya tangkap mata serta melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan antioksidan-nya juga membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Karena kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, wortel mampu mengobati batuk secara alami. Berikut cara membuatnya, siapkan empat buah wortel dan bersihkan, lalu tambahkan air secukupnya dan blender. Jus wortel siap dikonsumsi.

Buah Anggur

Buah anggur memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain bagus untuk percernaan, membersihkan usus, memurnikan darah, anggur juga merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan obat batuk alami. Sifat ekspektoran pada buah anggur mampu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernafasan. Untuk mengkonsumsi buah ini kamu bisa makan secara langsung atau bisa juga diolah menjadi jus.

Kencur

Obat batuk alami berikutnya yaitu ramuan kencur. Seperti jeruk nipis, kencur juga memiliki kandungan atsiri yang mampu membuat tenggorokanmu menjadi terasa lebih lega dengan mengatur otot pada saluran pernafasan. Selain itu, kencur juga memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe. Dengan kencur kamu bisa menghangatkan badan sekaligus membuat tenggorokan menjadi plong. Cara buatnya, pertama bersihkan kencur dan kupas, parut lalu peras sari airnya. Terakhir tambahkan garam dan air, aduk rata. Sebaiknya obat batuk alami ini diminum sebelum tidur ya.

Itulah beberapa obat batuk alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk membandel. Namun, jika batuk sudah lewat dari dua minggu segera periksakan ke dokter ya. Ayo cegah batuk dengan pola hidup sehat dan cukup istirahat.

Sumber: www.tokopedia.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments