Lain-lain

Selain Buahnya Daun Sirsakpun Mempunyai Manfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa sirsak merupakan salah satu tanaman berasal dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia? Ya, sirsak terkenal akan rasa asam segar dan manisnya, dagingnya kaya akan serat bagus untuk pencernaan. Selain itu kandungan karbohidrat, vitamin C, B1, B2, dan fruktosa ada pada buah sirsak. Namun, ternyata selain daging buahnya yang bergizi, daunnya juga tak kalah manfaat lho. Daun sirsak memiliki senyawa yang dapat mengobati kanker. Acetogenin pada daun sirsak dapat membunuh racun pada tubuh dengan menghambat transportasi adenosina trifosfat. Untuk tau lebih lengkapnya, yuk simak manfaat daun sirsak untuk kesehatan berikut ini.

Menghilangkan Kutu

Anda pernah kutuan? Si makhluk mungil ini biasa hinggap pada rambut untuk menghisap darah dan kandungan racun pada air liurnya membuat kulit kepala kita merasa gatal. Sangat mengganggu bukan? Tapi jangan khawatir, karena daun sirsak ini bisa mengatasi penderitaanmu. Daun sirsak memang membawa manfaat untuk kita manusia, tapi bisa bersifat racun untuk parasit ataupun serangga. Karena itu daun sirsak bisa digunakan utuk mengatasi masalah ketombe dan kutuan. Caranya cukup dengan cuci atau rendam rambutmu dengan air rebusan daun sirsak. Kutu akan pergi menjauhimu!

Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak yang paling dikenal yaitu sebagai obat kanker. Bahkan dikabarkan bahwa daun sirsak justru lebih efektif dan cepat menyembuhkan kanker dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini dikarenakan senyawa yang dikandung pada daun sirsak yaitu acetogenin mampu melawan sel kanker sampai 10.000 lebih kuat dibanding adriamycin. Cara mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat, yaitu dengan cara merebus 10 lembar daun sirsak dengan sekitar 700ml air mineral. Setelah direbus, tunggu air sampai tidak terlalu panas. Lalu minum air rebusan dalam keadaan hangat. Agar manfaat bisa cepat dirasakan, minum rebusan setiap pagi.

Mengobati Asam Urat

Kandungan pada daun sirsak mampu mengobati asam urat, diantaranya acetogenin, asam gentisic, caclourin, annocatalin, dan linoleat. Cara memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati asam urat masih sama seperti di atas, yaitu dengan cara direbus.

Mengobati Kolesterol

Untuk kamu yang punya kolesterol tinggi, bisa mencoba mengatasinya dengan meminum rebusan daun sirsak juga, lho. Cara mengolah daun sirsak untuk menjadi obat masih sama seperti cara sebelumnya yaitu dengan menyiapkan 10 lbr daun sirsak yang sudah agak tua, rebus dengan 150 ml air mineral. Rebus selama 15 menit. Rebusan daun sirsak ini bisa diminum selagi hangat maupun dingin, sebaiknya diminum setiap pagi agar manfaatnya bisa cepat dirasakan.

Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan tumor jinak yang muncul pada ovarium, penyakit ini tentu saja bisa dialami oleh wanita. Jika tidak segera diobati dengan benar, penyakit ini bisa berkembang menjadi lebih parah yaitu kanker. Oleh karena itu, kamu bisa mencegahnya dengan memanfaatkan daun sirsak sebagai terapi kista ovarium. Cara memanfaatkan daun sirsak yaitu dengan merebus 10 daun sirsah dengan 3 gelas air mineral. Jangan lupa untuk diminum setiap pagi.

Mengobati Penyakit Paru-paru

Jika kamu memiliki penyakit paru-paru baik masih ringan atau sudah berat, harus segera ditangani. Paru-paru merupakan organ penting pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai sistem pernafasan. Oleh karena itu sebelum semakin parah, yuk segera obati dengan meminum rebusan daun sirsak. Daun sirsak memiliki sifat anti-bakteri, sehingga cocok untuk digunakan sebai obat penyakit paru-paru, baik jenis basah maupun kering.

Mengobati Diabetes

Tahukah kamu? Bahwa ternyata daun sirsak memiliki senyawa yang terbukti dapat menstabilkan gula darah tinggi pada tubuh menjadi normal lho, itu artinya daun sirsak bisa menjadi salah satu obat diabetes. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang kaya akan senyawa saponin, bioflavanoid, dan polifenol pada daun sirsak. Antioksidan tersebut berguna untuk melingdungimu dari bahayanya radikal bebas yang bisa mengintai tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirsak yang perlu Anda ketahui, selain dagingnya yang bergizi, daunnya juga tak kalah bermanfaat ya. Jadi, mulai sekarang jangan buang daun sirsak, kamu masih bisa memanfaatkannya untuk dijadikan obat segala macam.

Sumber: www.tokopedia.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments