Neutron Yogyakarta
Lain-lain

Cara Mengobati Kaki Pecah-pecah

Kaki yang pecah-pecah biasanya terjadi karena kondisi kulit kaki yang sangat kering terlalu lama dibiarkan. Jika kondisi kulit sudah pecah-pecah seperti itu beraktivitas pun jadi tidak nyaman, juga membuatmu tak percaya diri untuk mengenakan alas kaki terbuka seperti sandal. Kurang merawat kesehatan kulit kaki adalah salah satu faktor yang dapat membuat kulit kaki pecah-pecah. Kurangnya asupan vitamin dan juga terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga bisa jadi penyebabnya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak cara mengatasi kaki pecah-pecah berikut.

Madu

Madu selain nikmat di konsumsi untuk kesehatan tubuh bisa juga dijadikan pelembab alami dan antibakteri yang ampuh untuk mengatasi kaki kering. Cara menggunakannya cukup rendam kaki ke dalam air hangat pada baskom, lalu tambahkan madu kira-kira sebanyak 100 ml ke dalam air. Selagi merendam kaki, bisa sambil menggosokkan kaki agar kulit mati dapat meluruh. Lakukan cara ini dua minggu sekali untuk membantu proses penggantian kulit baru jadi lebih cepat, kulit kaki pun jadi lembut.

Alpukat

Buah yang nikmat dikonsumsi ini memiliki daging yang lembut serta memiliki banyak vitamin dan mineral dalam kandungannya. Alpukat dapat memberikan kelembaban pada kulit kaki kering secara alami serta kandungannya yang baik juga dapat menjaga kesehatan kulit. Tak heran mengapa alpukat sering dijadikan maker untuk wajah. Cara menggunakannya yaitu lumatkan daging alpukat sampai halus, oleskan pada kulit kaki yang kering sambil memijat lembut kaki. Setelah itu, biarkan beberapa menit lalu bilas kaki sampai bersih.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly adalah salah satu solusi ampuh untuk mengatasi kulit kaki kering dan pecah-pecah yang membuat tekstur kulit kakimu menjadi kasar. Sebelum diaplikasikan, patroleum jelly juga bisa dicampur dengan beberapa sendok teh lemon agar lebih efektif untuk atasi kaki pecah-pecah. Setelah kamu olesi campuran tadi pada kaki, segera pakaikan kaos kaki agar bahan campuran tadi lebih mudah meresap pada kulit. Agar hasil lebih maksimal lakukan cara ini secara rutin setiap malam menjelang tidur, maka keesokan paginya kamu akan dapatkan kulit kaki mulus sempurna.

Minyak Zaitun

Bahan alami yang bisa kamu coba yaitu Minyak Zaitun. Banyak segudang manfaat yang tersimpan dalam minyak zaitun ini, tak hanya bagus untuk kesehatan namun juga efektif untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan cantik asalkan kamu rajin memakainya dengan begitu kulit kaki pecah-pecah akan cepat terobati. Cara menggunakannya yaitu cukup ambil beberapa tetes minyak zaitun, langsung oleskan pada kulit kaki yang pecah-pecah. Kulit kasar dan kering pun akan kembali menjadi bersih dan lembut.

Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mencegah kaki pecah-pecah yaitu minyak kelapa. Tidak hanya minyak zaitun yang dapat membawa manfaat untuk perawatan kesehatan kulit dan rambut, minyak kelapa sama efektifnya untuk mendapatkan hasil kulit dan rambut sehat. Cara menggunakannya sama seperti minyak zaitun, pertama rendam kaki dalam air sabun atau garam, lalu gosok dengan batu apung. Kemudian, cuci kaki dan keringkan. Setelah itu, barulah minyak kelapa dioleskan pada daerah kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Lakukan cara ini secara rutin menjelang tidur, jangan lupa kenakan kaos kaki agar minyak kelapa dapat bekerja secara maksimal.

Tepung Beras

Dengan teksturnya yang sedikit kasar, tepung beras dapat dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit kaki kering dan pecah-pecah. Sehingga kulit mati pada kaki bisa meluruh dan kamu akan dapatkan kulit baru yang lembut dan sehat. Cara membuat scrub dari tepung beras yaitu pertama campurkan segenggam tepung beras dengan beberapa sendok teh cuka apel dan madu, aduk sampai rata dan tekstur adonan seperti pasta. Jika kondisi kulit sudah kering parah, kamu bisa tambahkan minyak zaitun atau kelapa pada adonan. Untuk dapatkan hasil terbaik, lakukan metode perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu.

Garam

Bumbu dapur satu ini ternyata bisa digunakan sebagai solusi ampuh mengatasi kaki pecah-pecah. Selain itu, garam juga dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban kaki serta peredaran darah pada kaki. Tidak hanya tampilan kaki jadi cantik, namun juga sehat. Cara menggunakannya cukup dengan memasukkan setengah cangkir garam ke dalam baskom berisi air hangat, campurkan atau aduk air sampai garam larut, setelah itu rendam kakimu selama 10 menit. Selagi merendam kaki, kamu juga bisa menggosoknya dengan batu apung. Setelah itu keringkan dan jangan lupa menggunakan krim pelembab.

Gimana? Sudah mempersiapkan bahan-bahan diatas? Yuk, langsung ikuti metode perawatannya untuk atasi kulit kaki pecah-pecah. Jangan lupa untuk lakukan secara rutin ya, kulit kaki sehat dan cantik bukan lagi hanya jadi impian kamu bisa wujudkan itu mulai dari sekarang.

Sumber: www.tokopedia.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments