Lain-lain

Trik Memakai Jilbab Agar Pas Sesuai Wajah

Bulan ramadan sebentar lagi kira-kira 3 bulan lagi lah, waktunya untuk mengoleksi pakaian muslim untuk dipakai sehari-hari, namun bagaimana menentukan busana yang baik dan menarik serta sesuai dengan jilbabnya? Selain harus cermat memilih busana muslim yang menarik, anda juga harus terampil memadupadankan jilbab sesuai dengan busananya. Cara terpenting yang perlu dicermati sebelum mempelajari cara memilih jilbab adalah mengenali bentuk wajah anda. Apalagi tidak semua gaya berkerudung cocok untuk semua bentuk wajah. Setelah mengenali bentuk wajah langkah berikutnya menentukan ciput yang sesuai. Pilih ciput yang tepat akan membantu anda mengoreksi bentuk wajah. Misalnya bentuk kening yang lebar dan tinggi menjadi lebih kecil bila memakai ciput.

Terkadang kita bingung mengaplikasikan gaya berjilbab yang sesuai dengan bentuk wajah. Sehingga banyak waktu yang terbuang percuma di depan cermin hanya untuk bergaya jilbab. Tetapi itu tidak akan menjadi masalah lagi jika sekarang anda mengetahui tentang cara memilih jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah. Berikut panduannya:

Wajah bulat

Tidak disarankan menggunakan bandana karena garis bandana yang berhenti di area telinga akan membuat wajah anda terlihat lebar. Jika ingin pakai inner kerudung sebaiknya yang menutup hingga leher. Jika rambut anda panjang, kuncir rambut anda dengan kuncir biasa dan hindari penggunaan aksesoris karena berefek kepala besar.

Wajah oval

Cara memilih jilbab yang sesuai dengan jenis wajah oval yaitu cenderung cocok menggunakan berbagai jenis kerudung atau jilbab. Anda tinggal memilih padu padan warna dan gaya yang sesuai dengan warna kulit, usia dan karakter.

Wajah yang panjang

Untuk wajah panjang cocok menggunakan jilbab dengan bandana, karena akan memberikan kesan bervolume di wajah anda. bisa juga dengan menggelung rambut anda tapi jangan terlalu tinggi. Hindari penggunaan pashmina dengan gaya ke depan dada karena terkesan muka yang panjang.

Wajah persegi

Pilihlah jilbab yang membulat yang akan membingkai lembut wajah anda sehingga menyamarkan garis-garis tajam di area muka. Misal apabila menggunakan jilbab segitiga, tarik kerudung bagian rahang agak maju hingga menutupi tulang rahang yang tegas.

Anda juga perlu tahu tentang bahan jilbab yang sesuai dengan penggunaannya, berikut ulasannya:

Bahan voile

Cara memilih jilbab sebaiknya pilih yang berbahan voile, jilbab ini halus dan lembut sehingga sangat nyaman sekali untuk pemakaian pada siang hari.

Bahan sifon

Bahan sifon sering dipakai untuk membuat jilbab cantik. Meskipun agak panas namun jenis jilbab ini dapat menjadi alternatif untuk acara yang semi formal. Yang paling penting adalah bisa menyesuaikan dengan busana

Bahan sutra

Sebaiknya pilih bahan kerudung sutra yang lembut dan tipis. Agar saat dipakai jatuhnya baik dan luwes. Kerudung ini biasa digunakan di acara pesta. Jangan gunakan bahan jilbab dari sutra organdi karena bahannya kaku dan sulit dibentuk.

Bahan kaos

Untuk jilbab bahan kaos memiliki kelebihan dibanding dengan lycra dan spandex. Jenis bahan ini juga termasuk bahan yang nyaman dan banyak dipakai para hijabers. Namun bahan ini lebih cepat mulur jika sering dicuci. Cocok untuk sehari-hari

Bahan lycra atau spandex

Bahan ini sangat nyaman dipaki karena tidak panas dan lentur. Jenisnya pun bermacam-macam. Ada yang memiliki efek kilap dan tidak. Jilbab ini sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari. Selain nyaman perawatannya pun sangat mudah. Cukup dengan dicuci seperti biasa lalu keringkan di bawah sinar matahari.

Sumber: infobusanamuslim.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments