Lain-lain

Bagaimana Caranya agar Nasi yang Dimasak Tidak Mudah Basi dan Tahan Lama?

Tentu saja, awalnya nasi berbentuk beras dan harus dimasak terlebih dahulu. Memasak nasi merupakan tugas yang sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, tetap saja ada beberapa orang terlebih para ibu rumah tangga yang merasa kesal dan geram ketika memasaknya, dimana biasanya mereka mendapatkan masalah akan hasil nasi yang didapatkan, contoh mudahnya nasi menjadi lembek sehingga akan cepat basi. Jika seperti itu, nasi tidak akan tahan lama dan terpaksa harus memasak nasi kembali untuk dihidangkan pada acara makan selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang biasanya mengalami masalah atau kejadian seperti ini, maka untuk saat ini Anda jangan lagi merasa khawatir. Ada cara yang bisa dilakukan ketika memasak nasi agar nasi tidak mudah basi dan tahan lama. Penasaran seperti apa cara yang dimaksud? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

1. Mencuci terlebih dahulu beras yang akan dimasak

Pastikan terlebih dahulu apakah takaran air dan berasnya sesuai atau tidak. Dianjurkan takaran air yang digunakan jangan terlalu banyak.

2. Siapkan jeruk lemon, lalu peras airnya dan tambahkan perasan air jeruk lemon

Jika Anda akan memasak beras sebanyak 1 liter, maka tambahkan 1/2 buah air perasan jeruk lemon atau masukkan sekitar 2-3 helai daun pandan ke dalam wadah yang akan digunakan untuk memasak atau menanak beras.

3. Masak beras di dalam rice cooker sampai matang

Sebenarnya, kunci untuk membuat nasi agar lebih tahan lama dan tidak mudah basi yaitu terletak pada takaran air ketika memasak. Takaran air yang digunakan terlalu banyak ketika memasak beras akan mengakibatkan nasi menjadi terlalu lembek, sehingga akan menyebabkan nasi menjadi cepat basi dan tidak tahan lama, karena nasi akan mengeluarkan air seperti lendir.

Oleh sebab itu, sangat penting jika Anda menambahkan perasan air jeruk lemon ke dalam nasi yang ditanak dengan tujuan untuk menjaga kualitas nasi. Selain dapat mempertahankan kelayakan nasi itu sendiri, menggunakan air perasan jeruk lemon pun akan membuat warna nasi menjadi lebih cerah dan bersinar. Sedangkan penggunaan pandan akan menbuat nasi menjadi lebih harum dan rasanya lebih gurih.

Itulah cara memasak nasi agar tidak mudah basi dan bisa bertahan lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: Selera.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments