Lain-lain

Ingin Tahu Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk? Begini Caranya!

Salah satu sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh adalah kacang hijau. Untuk itu, mengonsumsi kacang hijau secara rutin bisa dilakukan setiap hari demi memperoleh manfaat sehatnya. Ada banyak masakan yang terbuat dari kacang hijau. Mulai dari bubur, kecambah atau air rebusan kacang hijau serta rempeyek.

Tapi yang paling mudah, mengonsumsi kacang hijau adalah dengan merebusnya dan mengolahnya menjadi bubur. Dan demi dapatkan kacang hijau yang empuk saat direbus, ada beberapa cara yang bisa ditiru nih. Apa saja caranya? Nah, simak selengkapnya yuk!

Rendam Kacang Hijau

Rendamlah kacang hijau kira-kira selama 3 sampai 4 jam lebih. Hal ini bisa membuat butir-butir biji kacang hijau mekar dengan baik dan lebih cepat empuk saat direbus.

Masukkan Kacang Hijau saat Air Mendidih

Air yang telah mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, matang dan nutrisinya tidak jauh berkurang.

Atur Panas Api

Atur panas api dengan tepat. Jangan terlalu redup dan jangan pula terlalu panas. Pakailah api sedang yang stabil untuk dapatkan kacang hijau rebus yang empuk sempurna dan merata.

Tambahkan Gula & Garam saat Kacang Hijau Mekar

Pastikan untuk tidak memasukkan gula atau garam saat kacang hijau belum mekar. Ini bisa membuat kacang hijau awet keras dan sulit empuk. Kalau pun ingin membuat bubur kacang hijau atau memberi rasa pada kacang hijau, tambahkan gula dan garam saat kacang hijau sudah empuk dan mekar.

Itulah cara merebus kacang hijau agar lebih cepat empuk dan matang merata. Semoga cara ini bermanfaat.

Sumber: Vemale
Editor:   Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments