Lain-lain

Selama Perjalanan Jauh Hindari Minuman dan Makanan Ini!

Perjalanan jauh selama berjam-jam memang seru namun melelahkan. Selama di perjalanan kita juga terkadang menemui hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu, selalu persiapkan apapun yang kamu butuhkan selama di jalan agar perjalanan aman dan nyaman untuk ditempuh. Selama perjalanan pun jangan sampai salah makan, karena asupan makanan yang masuk ke perutmu akan memengaruhi sistem metabolisme Anda. Anda tidak mau kan perjalanan terganggu hanya karena perut bermasalah? Ini dia makanan dan minuman yang harus dihindari selama di perjalanan.

Minuman yang bikin sering buang air kecil

Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, teh, dan minuman isotonik.Karena minuman tersebut menyebabkan diuretik sehingga tubuh membuang air lebih sering, kita pun akan cenderung lebih mudah kebelet pipis. Sebaliknya, kita dianjurkan untuk membawa minuman sehat yang dapat menghangatkan tubuh seperti air jahe, air rendaman mentimun, dan tidak lupa air mineral.

Soft drink

Jika berpikir soft drink akan memberi efek ringan dan lega saat perjalanan jauh, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut! Minuman berkarbonasi seperti soda atau soft drink dingin menyebabkan penumpukan gas dalam lambung. Selain itu, minuman berkarbonasi akan menyebabkan bau mulut sehingga kita akan kehilangan kepercayaan diri saat akan bertemu dan berbincang dengan orang lain.

Makanan yang membuat perut kembung

Hindari makanan bersantan dan menyebabkan gas dalam perut. Anda akan merasa tidak enak perut, merasa mulas, bahkan terus buang angin. Tentu hal ini akan menggangu penumpang lain yang melakukan perjalanan bersama Anda.

Makanan pedas yang membuat sakit perut

Makanan pedas sudah terkenal membuat sakit perut. Jika Anda hobi makan makanan pedas, sebaiknya hentikan dahulu selama di perjalanan. Hal ini akan mempersulit Anda ketika ingin buang air dan tidak ada rest area atau pom bensin terdekat.

Makanan yang mengandung keju

Makanan ringan yang mengandung keju memang mengundang selera makan seseorang. Tetapi, keju menyebabkan gas di dalam lambung sulit dicerna sehingga membuat perut terasa kembung dan juga mual. Makan makanan yang mengandung keju akan membuat perut terasa selalu penuh dan akan merasa tidak nyaman.

Gorengan

Beberapa orang memutuskan membeli gorengan untuk mengganjal perut saat akan melakukan perjalanan jauh. Tetapi perlu diwaspadai, kandungan minyak yang terdapat di dalam gorengan akan menyebabkan masalah lambung bahkan dapat meningkatkan berat badan.

Mie

Jika pelaku perjalanan jauh sedang terburu-buru sedangkan mereka belum sempat memasak makanan, mereka cenderung memilih mi instan yang praktis dan juga cukup mengganjal. Padahal kandungan di dalam mi, baik mi instan, pasta, dan mi lain yang mengandung tepung cenderung sulit dicerna oleh saluran pencernaan.

Sulitnya mencerna makanan tersebut menyebabkan kembung dan gas berlebih pada lambung.
Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman saat perjalanan jauh.

Sekarang sudah mengetahui makanan yang harus dihindari saat akan melakukan perjalanan jauh.

Beberapa makanan di atas bisa coba dihindari saat akan melakukan perjalanan jauh agar tetap merasa nyaman dan juga dapat menikmati perjalanan.

Sumber: ohayo.co.id & jatim.tribunnews.com
Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments