Lain-lain

Daun Mangkokan Bermanfaat untuk Kesehatan?

Anda pernah medengar daun mangkokan? Disebut daun mangkokan karena tanaman ini memiliki daun mirip dengan mangkok, yakni : bentuknya bulat dan cekung sehingga bisa digunakan untuk menampung sesuatu. Tanaman mangkokan biasanya dijadikan sebagai tanaman pagar atau bisa juga dijadikan tanaman hias. Namun karena tanaman ini mudah sekali tumbuh dan menyebar, sehingga sering ditebang dan dibiarkan begitu saja. Padahal daun mangkokan sangat bermnafaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Daun mangkokan ternyata bisa dikonsumsi karena di dalamnya mengandung banyak nutrisi penting, dari mulai : protein, karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, dan mineral penting, seperti : kalsium, fosfor, zat besi. Dalam akar dan daun tanaman mangkokan mengandung sifat diuretik atau peluruh kencing dan anti radang (antiinflamasi).

Jika selama ini Anda masih belum tahu khasiat yang tersembunyi dari tanaman mangkokan, maka simak informasinya berikut ini :

Mencegah anemia

Jika Anda mengalami beberapa gejala anemia, seperti : badan mudah lelah, lemas, letih, pusing/mau pingsan. Maka segera konsumsi olahan daun mangkokan karena mengandung zat besi tinggi yang ampuh mencegah anemia.
Ternyata dari tanaman yang sering diremehkan sebagai tanaman pagar ini, Anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Melancarkan sistem pencernaan

Daun mangkokan bisa dijadikan lalapan, ditumis, atau dicampurkan pada sayur urap-urap. Dalam daun mangkokan terkandung serat yang tinggi sehingga ampuh membantu lancarkan system pencernaan.

Mengeringkan luka dengan cepat

Daun mangkokan berkhasiat menyembuhkan bengkak serta mempercepat penyembuhan luka. Caranya cukup bersihkan luka, kemudian lumat daun mangkokan dan tempelkan pada luka.

Radang pada payudara (bengkak)

Ketika Anda menyapih bayi, biasanya akan mengalami bengkak atau radang pada payudara. Nah, daun mangkokan ini bisa dijadikan untuk mengompres payudara karena kandungan anti inflamasi yang ada didalamnya. Caranya cukup remas daun mangkokan dnegan minyak kelapa, kemudian tapelkan atau kompreskan pada payudara.

Rambut rontok

Daun mangkokan yang sudah tua ampuh mencegah rambut rontok serta merangsang pertumbuhan rambut baru. Caranya cukup tumbuk daun mangkokan, kemudian peras dan campurkan minyak kelapa. Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, bungkus dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Sumber: TrenLagi

Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments