Lain-lain

Manfaat Serabut Putih Jeruk yang Menakjubkan

Kebanyakan orang akan membersihkan serabut yang menempel pada daging buah jeruk. Cara ini dilakukan agar daging buah jeruk lebih bersih dan terasa manis. Namun, tahukah Anda dalam serabut putih yang menempel pada jeruk tersebut justru terkandung banyak manfaat menakjubkan untuk kesehatan? Pasti Anda merasa kaget, bagaimana mungkin serabut yang membuat rasa jeruk jadi agak pahit itu justru bermanfaat bagi kesehatan? Agar Anda tak ragu lagi, sebaiknya simak ulasan berikut ini!

Mencegah penyakit kanker

Jeruk banyak mengandung vitamin C dan senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan terkuat dalam melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Sementara itu konsentrasi flavonoid dalam buah jeruk berada pada kulitnya, termasuk pada serabut putih yang menyelimuti daging buah jeruk.

Melindungi usus dari racun

Kandungan flavonoida yang ada pada serabut putih jeruk membantu melindungi usus besar dari paparan racun dan bahan kimia yang dapat merusak selaput lendir usus.

Mencegah obesitas

Serabut putih pada buah jeruk mengandung flavonoida, dimana didalamnya terdapat satu zat yang bernama naringenin. Naringenin dalam buah jeruk ampuh merangsang pembakaran lemak yang berlebihan pada tubuh sehingga ampuh cegah obesitas/kegemukan dan membuat tubuh lebih langsing.

Menormalkan kadar gula darah

Zat naringenin dalam serabut putih yang menyelimuti kulit jeruk juga membantu menormalkan trigliserida dalam tubuh sehingga kadar gula darah Anda jadi normal atau sehat.

Setelah mengetahui besarnya manfaat dari serabut putih yang menempel pada kulit jeruk diatas, pastinya Anda tidak akan meremehkannya lagi, bukan? Nikmatilah buah jeruk bersama serabutnya, karena meski agak pahit tapi mengandung manfaat yang luar biasa.

Sumber: TrenLagi
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments