Radar Jateng

Kaset Nike Ardila Dibeli Kolektor Rp 1,7 Juta

*Roni Indra, Kolektor Kaset Pita Asal Blora

Kecintaannya dengan musik, membuat Roni Indra, 35, kepincut mengoleksi kaset pita. Kini, dia punya seribuan keping. Kaset yang dulunya dia beli Rp 6 ribu per keping, ada yang dibeli kolektor lain seharga Rp 1,7 juta. SUBEKAN, Blora

Roni Indra, Kolektor Kaset Pita Asal Blora

BARANG JADUL – Roni Indra menunjukkan di antara koleksi kaset pitanya kemarin.
DOK PRIBADI

MASIH ingat dengan kaset pita? Mungkin sekarang sudah jarang di pasaran. Bahkan hampir tak ada. Hilang ditelan zaman. Namun jangan salah, laki-laki bernama Roni Indra ini, masih mempunyai banyak barang antik tersebut. Totalnya hingga lebih dari 1.000 keping.

Semuanya tersimpan rapi di etalase rumahnya di Kelurahan Balun Sikatan, Gang 5 Barat, Nomor 25, Cepu, Blora. Mulai kaset pita keluaran tahun 1980-an hingga 1990-an. Kebanyakan genre musiknya metal, rock, dan pop. Bandnya, di antaranya band metal Suffocation, Sinister, dan Morbid Angel.

Laki-laki asli Kelurahan Balun, Cepu, Blora, ini, mengaku mengumpulkan koleksinya itu sejak masih SMP atau sekitar 1992 silam. Kaset-kaset itu, dia kumpulkan lantaran kecintaannya terhadap musik. Khususnya musik metal.

“Sebenarnya ada satu teman saya di sini (Cepu, Red) yang juga punya banyak koleksi kaset. Namun dia sekarang tingal di luar kota,” terang pria berusia 35 tahun ini.

Kecintaan terhadap seni musik, merupakan warisan dari kedua orang tuanya. Almarhum ayah dan ibunya juga termasuk kolektor kaset pita. “Kebetulan ayah dan ibu saya juga pencinta musik. Jadi, koleksi ini milik ayah dan ibu diwariskan kepada saya,” terangnya sambil tertawa.

Sampai saat ini, Roni masih terus aktif mengumpulkan kaset pita metal kesukaannya. Meski tidak lagi bisa didapatkan di toko-toko. Melainkan harus mencari di toko online.

Dalam mendapatkan koleksi kaset pita tersebut, dia mengaku tak mudah. Hingga dia sempat berhenti menjadi kolektor. Tepatnya pada 2006 lalu. Saat itu, dia sampai tak mengikuti perkembangan peredaran kaset.

Namun pada 2012 lalu, saat dia aktif di media sosial Facebook, ternyata ramai pembahasan tentang kaset pita. “Baru saat itu saya kembali mulai berkecimpung kembali,” kata pria berambut cepak ini.

Sekarang, barang jadul itu banyak dicari kolektor. Jadi, menjadi bernilai ekonomis tinggi. “Kalau koleksi ada yang dobel, salah satunya kadang saya jual. Kalau cuma satu ya nggak bakal saya lepas (dijual, Red),” terangnya.

Indra mengatakan, di antara kaset koleksinya ada yang dulunya dia beli seharga Rp 6 ribu. Kini, harganya bisa mencapai Rp 100 ribu per keping. Bahkan, ada yang sudah dibeli kolektor hingga jutaan rupiah. “Kaset Nike Ardila koleksi saya dibeli orang Rp 1,7 juta. Kasetnya memang masih mulus,” terangnya. (*)

Facebook Comments