Radar Pendidikan

Awas Kecanduan Internet

Awas Kecanduan Internet

PIMPIN – Kapolsek Bandar saat menjadi pimpinan upacara dalam upacara bendera di SMK NU Bandar, Senin (12/3)
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BANDAR – Kapolsek Bandar, Iptu Imam Sudrajat SE berharap agar pelajar tidak kecanduan internet. Hak ini ia sampaikan saat menjadi inspektur upacara di SMK NU Bandar, Senin (12/3).

Menurutnya kedudukan internet jika tidak digunakan secara bijak dapat menjadi candu laiknya narkoba. Oleh karenanya, pelajar perlu bijak dalam mengelola waktu mereka dalam berselancar di dunia maya.

“Internet jika tidak digunakan secara bijak maka kita akan mengakibatkan candu. Akibatnya kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya dan mengesampingkan tugas-tugas kita di dunia nyata. Seperti belajar, ibadah dan lainnya. Oleh karenanya kami harap pelajar mampu mengatur waktu dan memanfaatkannya dengan baik,” terangnya. didampingi kanit Binmas Polsek Bandar Aiptu Sumarwoto.

Selain mengakibatkan candu, internet juga dapat menjerumuskan ke dalam hal-hal negatif. Oleh karenanya ada baiknya penggunaan filter internet untuk kegiatan positif.

“Kenakalan remaja sekarang ini karena banyak anak atau pelajar yang terlibat tindak kejahatan. Hal itu dimungkinkan karena pemakaian teknologi informasi atau internet yang tidak sehat dan pergaulan bebas. Ketergantungan pelajar terhadap telepon genggam sangat luar biasa. Apalagi kalau bukan karena adanya media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, WA, Youtube dan media sosial lainnya. Mari manfaatkan internet untuk hal yang positif,” imbuhnya.

Selain itu Imam menyampaikan agar pelajar turut menjaga kondusifitas lingkungan sekitarnya. Khususnya mewaspadai bahaya narkoba yang riskan di masa remaja mereka.

“Waspada dengan bahaya Narkoba yang sekarang mengancam di masyarakat terutamanya anak-anak sekolah. Jangan pernah coba-coba dengan narkoba, sebab sangat berbahaya bagi masa depan anda semua,” pesan Imam. (Nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments