Radar Pendidikan

SMK Muhammadiyah Kedungwuni 53 Siswa Selesaikan Prakerin

SMK Muhammadiyah Kedungwuni

BERI – Kepala SMK Muhammadiyah Kedungwuni memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi usai menyelesaikan prakerin, Selasa (13/3).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – Sebanyak 53 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kedungwuni telah menyelesaikan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang berlangsung selama 12 minggu. Prakerin dimulai pada tanggal 23 Desember 2017 dan berakhir pada 10 Maret lalu. Siswa dari tiga kompetensi keahlian tersebut diterima kembali di sekolah pada Selasa (13/3).

Kepala SMK Muhammadiyah Kedungwuni, Bambang Sungkowo menuturkan, siswa yang berprestasi dalam kegiatan prakerin mendapatkan penghargaan dari sekolah.

“Usai prakerin, kami menyerahkan penghargaan kepada peserta prakerin berprestasi, yaitu kepada Rio Gunawan dan Rio Saputra kelas XI TKR. Berprestasi karena yang paling disiplin dan berdasarkan kelengkapan pengisian jurnal prakerin,” ujarnya kepada Radar, Selasa (13/3).

Dijelaskan, 53 siswa kelas XI menjalani masa prakerin di tempat yang berbeda. Siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) menjalani prakerin di bengkel mobil, jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di bengkel motor, dan jurusan akuntasi di lembaga keuangan dan instansi pemerintah.

Bambang, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa prakerin bertujuan untuk memperkenalkan siswa kepada dunia industri serta menjadi implementasi dan praktik dari teori yang telah diajarkan di sekolah. Menurutnya, prakerin dapat meningkatkan kesiapan siswa untuk mengikuti Ujian Kompetensi Kejuruan saat kelas XII nanti.

Usai prakerin, siswa kelas XI akan menjalani Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti biasa dan bersiap untuk menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS). Bambang berharap prakerin dapat menjadi bekal bagi siswa ke depan.

“Harapan kami agar siswa peserta prakerin siap bersaing di dunia usaha dan dunia industri sesuai dengan jurusannya. Selain itu, siswa dapat memahami dan menyerap ilmu yang didapatkan selama prakerin,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments