Radar Pendidikan

SMK Muhammadiyah Kesesi Bekali Siswa Siap Terjun ke DU/DI

Bekali Siswa Siap Terjun ke DU DI

PEMBEKALAN – Kegiatan pembekalan siswa sebelum Praktik Kerja Industri (Prakerin).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

KESESI – SMK Muhammadiyah Kesesi menggelar kegiatan pembekalan kepada para siswa kelas XI sebelum pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada 13 Maret hingga 15 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) Ketenagakerjaan Kabupaten Pekalongan. “Kegiatan ini dikuti oleh siswa kelas XI dari jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan PBS,” ujar Wakil Kepala SMK Muhammadiyah Kesesi Urusan Hubungan Masyarakat (Humas), Sukaryo Diatmojo, kepada Radar Pekalongan.

Hari pertama dimulai dari materi umum dari Dinas PMPTSP Naker Kabupaten Pekalongan, di hari kedua menjurus ke materi Industri yang diisi langsung dari Perwakilan DU/DI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) setempat, dan terakhir diisi materi oleh Jurusan masingi-masing. “Dari situ harapannya siswa dapat informasi yang lengkap dan materi yang di terimapun kami sesuaikan dengan kompetensi yang akan di hadapi di lapangan,” kata dia.

Dijelaskan pula, kegiatan pembekalan prakerin ini bertujuan agar siswa kelas XI mantap dalam menghadapi dunia latihan kerja dan siap menjadi siswa yang mempunyai etos kerja yang tinggi serta siap melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dengan baik.

Kegiatan Prakerin tersebut dilaksanakan selama 3 bulan yang akan dimulai dari tanggal 16 Maret 2018 hingga 15 juni 2018. “Untuk prakerinnya nanti kebanyakan di DU/DI yang sudah bekerjasama dengan SMK Musi dalam bidang prakerin dan perekrutan,” jelasnya.

Sesuai dengan program kerja Humas SMK Musi, sapaan akrab SMK Muhammadiyah Kesesi, prakerin dilaksanakan pada penghujung kelas XI sehingga kemampuan siswa di DU/DI sudah baik. Hal tersebut juga didukung dengan kompetensi yang di dapatkan para siswa selama disekolah yang cukup matang sehingga selama pelaksanaan prakerin mereka dapat lebih memantapkan lagi kemampuannya.

Menurutnya, kegiatan pembekalan tersebut sengaja dilaksanakan dan kerjasama dengan dinas terkait agar bisa menjaga sinergi antara SMK Musi dengan dinas terkait, seta dapat mendeteksi para lulusan untuk kedepannya.

“Kerjasama yang baik antara SMK dan dinas terkait harus selalu di jaga, salah satunya dengan adanya kegiatan pembekalan ini, sehingga data siswa yang lulus atau bekerja bisa di deteksi dengan baik,” ujar Kepala SMK Musi, Mohammad Abdul Kodir SPdI,” menambahkan. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments