Metro Pekalongan

Walikota Pekalongan Salurkan 600 Paket Sembako untuk Lansia dan Disabilitas

Walikota Pekalongan Bagi Sembako

SERAHKAN – Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz saat menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada perwakilan penerima, Selasa (13/3).

KOTA PEKALONGAN – Walikota Pekalongan Moch Saelany Machfudz, menyerahkan bantuan sosial sebanyak 600 paket sembako bagi masyarakat lanjut usia dan penyandang disabiltas se Kota Pekalongan, Selasa (13/3) di GOR Medono.

Penyerahan tersebut dihadiri asisten Pembangunan Setda Sri Wahyuni, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekalongan, Gunindyo.

Dalam sambutannya, Walikota menjelaskan, bantuan sosial berupa paket sembako tersebut merupakan bukti konkrit kepedulian pemerintah Kota Pekalongan di dalam mewujudkan kesetaraan dan kesejahteraan masyarakat tanpa diskriminasi, baik fisik, psikis maupun segala bentuk perbedaan lainnya. “Pemberian bantuan ini merupakan implementasi dari Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2017 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas,” terangnya.

Walikota menambahkan, kelompok lanjut usia dan para penyandang disabilitas adalah warga yang mengalami keterbatasan fisik, psikis, intelektual, mental dan atau sensorik dalam jangka waktu tertentu. Sehingga mereka mengalami keterbatasan dalam berinteraksi dengan lingkungan, yang kemudian juga tidak dapat berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan persamaan hak.

“Adapun konsep pemberian bantuan sosial ini, tentunya mengakomodir masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas, yang tidak menerima bantuan jaminan sosial, seperti PKH, BPNT maupun KJS. Harapannya bantuan ini bisa kami berikan setiap tahun kepada masyarakat yang termasuk dalam kategori lansia dan penyandang disabilitas,” tambahnya.
Walikota juga menghimbau kepada penerima bantuan agar tidak melihat besaran bantuan secara fisiknya semata-mata, namun lihatlah sebagai wujud perhatian Pemerintah Kota Pekalongan terhadap kelompok lanjut usia dan penyandang disabilitas. “Bantuan ini mungkin tidak seberapa tapi saya harap penerima bantuan melihat dari upaya pemerintah dalam memperhatikan masyarakat lansia dan disabilitas,” harapnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments