Radar Pendidikan

Bersaing untuk Jadi Juara

Bersaing untuk Jadi Juara

BERLOMBA – Siswa SD se Kecamatan Buaran berlomba cerdas cermat, Senin (12/3).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*LCC SD se Kecamatan Buaran

BUARAN – Siswa SD se Kecamatan Buaran bersaing untuk menjadi juara dalam ajang Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang diadakan pada Senin (12/3). Bertempat di SDN Pakumbulan, kegiatan ini diikuti oleh 15 SD yang mengirimkan delegasi tiga siswa dalam satu tim.

Koordinator LCC, Tri Rahayu menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini mengangkat tema Kelemahan Meraih Sukses Adalah Keengganan Untuk Memikirkan Kesulitan.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun dan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Pekalongan. Setiap tim bersaing untuk mendapatkan juara, dan juara I nanti akan mewakili kecamatan di tingkat kabupaten,” ujarnya kepada Radar, Senin (12/3).

Dijelaskan, materi yang dilombakan dalam LCC merupakan kumpulan materi dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), bahasa Indonesia, dan Matematika. Setiap tim harus melewati dua babak untuk menjadi juara, yakni babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan terdiri dari tes tertulis dan tes dikte untuk menentukan tiga tim yang maju ke babak selanjutnya. Di babak final, tiga tim terbaik akan beradu pengetahuan untuk mendapatkan predikat juara I. Tri, sapaan akrabnya, berharap kegiatan ini dapat memacu siswa untuk menjadi anak bangsa yang lebih baik.

“Kami harapkan kegiatan LCC ini dapat meningkatkan kecerdasan dan keberanian siswa, serta memotivasi siswa untuk lebih giat belajar dan selalu menambah ilmu pengetahuan,” lanjutnya.

Disebutkan, SD Muhammadiyah Bligo berhasil meraih juara I dalam kegiatan ini setelah bersaing ketat dengan SDN Coprayan dan SDN Paweden. SD Muhammadiyah Bligo akan mewakili Kecamatan Buaran dalam ajang LCC tingkat Kabupaten Pekalongan yang akan digelar pada 28 Maret mendatang. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments