Radar Kendal

Tingkatkan Partisipasi Melalui Rakor

Tingkatkan Partisipasi Melalui Rakor

BERI MOTIVASI – Dinas Komunikasi dan Informatika Kendal menggelar Rakor Bakohumas, di Tirto Arum Kendal.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Dinas Komunikasi dan Informatika Kendal menggelar Rakor Bakohumas di Tirto Arum Kendal. Rakor menghadirkan dua narasumber, Kepala Bidang Statistik Diskominfo Pemprov Jateng, Tubayanu, dan Kepala Bidang Pengembangan Potensi dan Karir Pegawai, Dhian Ari Nugroho.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Muryono, mengatakan, kegiatan ini untuk memotivasi anggota rakor sebagai ajang menyebarluaskan informasi lingkungan kerja masing-masing OPD dan masyarakat.

“Forum ini bisa dapat menjadi sarana untuk menyebarluaskan informasi, penyaluran aspirasi, penyatuan persepsi, pemecahan masalah yang berkembang serta media untuk meningkatkan partisipasi aktif dalam pembangunan Kabupaten Kendal untuk mewujudkan Kendal Permata Pantura,” kata dia.

Dikatakan, anggota Bakohumas Kabupaten Kendal harus mampu memberikan layanan informasi secara aktif pada masyarakat, Khususnya soal program Pemkab Kendal dan hasil pembangunan yang telah dicapai terutama infrastruktur dan bidang lain yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Informasi yang diberikan secara aktif membuat masyarakat mengetahui dan memahami hak dan kewajibannya yang pada akhirnya bisa berperan aktif dalam proses pembangunan daerah,” ungkap dia.

Sementara pemateri, Dhian Ari Nugroho, memaparkan soal “Pengembangan Karir PNS Berdasarkan Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja dan Kebutuhan Organisasi dengan Mempertimbangkan Integritas serta Moralitas”. Sementara, Tubayanu menjelaskan soal “Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik”. Menurutnya, pejabat pengelola komunikasi dan informasi publik di Pemkab Kendal, memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan narasi tunggal dan menentukan informasi.

Salah satu prasyarat untuk mengimplementasikannya adalah dengan mendorong kerjasama antar semua pejabat humas dan pejabat komunikasi publik. “Yang perlu dikembangkan saat ini adalah bagaimana pejabat pengelola komunikasi publik yang ada di OPD dapat menyampaikan informasi berbasis data secara cepat dan tepat,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments