Lain-lain

Tips Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Yang Mudah Dan Aman

Keberadaan benda asing pada tubuh memang seringkali membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Salah satu contohnya yang mungkin juga pernah dialami oleh sebagian orang adalah keberadaan lendir di tenggorokan. Lendir adalah suatu cairan yang kental, cukup pekat, dan licin yang dihasilkan oleh sebuah kelenjar pada selaput lendir. Dahak atau ingus merupakan salah satu contoh dari lendir. Lendir bisa terdapat pada beberapa bagian tubuh tertentu termasuk salah satunya pada tenggorokan. Keberadaan lendir khususnya di tenggorokan bukanlah tanpa fungsi. Lendir dapat membantu menjaga tenggorokan agar selalu dalam keadaan lembab. Lendir juga mampu menyaring benda asing maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan.

Beberapa Penyebab Timbulnya Lendir Di Tenggorokan
Oleh karena fungsinya tersebut, keberadaan lendir memang tetap dibutuhkan oleh tubuh. Namun pada beberapa kondisi, keberadaan lendir ini bisa jadi berlebihan dari biasanya. Orang yang sedang mengalami flu, batuk, ataupun gangguan pernapasan lain biasanya cenderung mengalami hal ini. Tetapi kadangkala seseorang merasakan adanya lendir yang berlebihan pada tenggorokannya padahal ia merasa sedang tidak mengalami flu, batuk, maupun gejala penyakit pernapasan lainnya.

Biasanya sebagian orang akan mengalaminya pada saat tertentu seperti pada pagi hari ketika bagun tidur ataupun ketika dalam kondisi dingin. Hal ini seringkali mengganggu kenyamanannya. Lalu, mengapa ini dapat terjadi? Kondisi-kondisi demikian mungkin menjadi penyebabnya:

  • Tenggorokan terserang infeksi atau alergi terhadap zat asing seperti debu, asap, parfum, udara dingin, dll.
  • Radang sinusitis.
    Adanya peradangan pada saluran pernapasan atau daerah di sekitarnya.
  • Tubuh kekurangan cairan sehingga meresponnya dengan cara meningkatkan produksi dahak di tenggorokan.
  • Adanya gangguan pada lambung sehingga gangguan ini dapat memicu peningkatan dahak di tenggorokan.

Kondisi lendir yang berlebihan di tenggorokan ketika seseorang tidak sedang mengalami flu, batuk, maupu gejala penyakit pernapasan lainnya tentulah sangat mengganggu kenyamanannya. Rasa ada yang mengganjal, menelan menjadi tidak enak, dan perasaan tak nyaman lainnya pasti kerap kali dialami oleh mereka. Lalu bagaimana solusinya? Tak perlu khawatir jika Anda sedang mengalaminya, karena Anda dapat menggunakan cara dan bahan-bahan alamiah berikut ini untuk mengurangi lendir yang berlebihan tersebut.

1. Kunyit

Tak banyak yang mengetahui bahwa kunyit pun memiliki manfaat lain selain sebagai bahan dasar untuk memasak. Salah satu manfaat kunyit yang telah terbukti adalah dapat membantu mengurangi lendir pada tenggorokan. Menggunakannya pun sangatlah mudah, cukup dengan cara:

  • Siapkan beberapa ruas kunyit, kupas, lalu cuci hingga bersih.
  • Parutlah kunyit yang telah dicuci bersih tersebut.
  • Kemudian peras dan ambil airnya.
  • Campurkan air perasan kunyit ini pada setengah gelas air panas dan tambahkan sedikit madu untuk pemanis. Minumlah selagi hangat.
  • Kunyit memiliki kandungan senyawa anti bakteri sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa anti bakteri tersebut juga ampuh untuk hilangkan lendir di tenggorokan.

2. Jahe

Selama ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki berbagai macam khasiat terutama untuk kesehatan tubuh. Menggunakannya dalam waktu lama dan frekuensi yang sering pun tak akan menimbulkan efek samping. Salah satu manfaat jahe yang sudah terbukti kebenarannya adalah dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk salah satunya masalah pernapasan dan masalah lendir yang berlebihan di tenggorokan. Mengkonsumsi jahe merupakan salah satu langkah alamiah untuk mengurangi bahkan menghilangkan lendir di tenggorokan dan jika seseorang sedang batuk, jahe pun mampu menyembuhkannya.

Mengkonsumsi jahe untuk menghilangkan lendir sangatlah mudah. Anda hanya tinggal membuat ramuan jahe dengan langkah sebagai berikut:

  •  Siapkan dua ruas jahe.
  • Cuci bersih jahe kemudian memarkan agar aroma jahenya dapat keluar.
  • Masukan jahe ke dalam satu gelas air panas dan tambahakn sedikit gula atau madu sebagai pemanis.
  • Tunggu beberapa saat hingga airnya tidak terlalu panas.
  • Kemudian minumlah ramuan jahe ini selagi hangat.
  • Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsinya sebanyak 2 kali dalam sehari sehingga lendir akan cepat hilang dari tenggorokan

3. Jeruk Nipis

Selain jahe, bahan alamiah lain yang juga sudah dikenal khasiatnya untuk mengobati banyak penyakit adalah jeruk nipis. Ramuan terdahulu mengatakan bahwa ketika seseorang batuk maka konsumsilah air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit kecap. Batuk pun akan dapat hilang dengan sendirinya dengan ramuan ini. Ternyata manfaat jeruk nipis tak hanya sebatas itu. Jeruk nipis mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan lendir berlebihan yang bersarang di tenggorokan dengan efektif. Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mengurangi lendir pun mudah dilakukan:

  • Siapkan satu buah jeruk nipis lalu peras airnya.
  • Campurkan air jeruk nipis tersebut pada satu gelas air panas.
  • Jika ingin rasanya menjadi sedikit manis cukup tambahkan sedikit gula atau madu dan minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

Rasa jeruk nipis yang menyegarkan mampu melegakan tenggorokan. Tak hanya itu, kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehinga dapat megusir bakteri penyebab lendir atau dahak di tenggorokan.

4. Terapi Uap

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan lendir di tenggorokan adalah dengan melakukan terapi uap. Terapi uap ini bisa dilakukan dengan cara :

  • Siapkan satu wadah air panas di dalam baskom ataupun wadah terbuka lainnya.
  • Kemudian dekatkan wajah Anda pada wadah atau baskom ini sehingga uap dapat terhirup.
  • Jika ingin lebih efektif, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air panas sebelum uap yang dihasilkan oleh air panas ini dihirup. Minyak kayu putih yang dicampurkan pada air panas akan mampu mengeluarkan aroma dan kandungannya akan masuk ke dalam saluran pernapasan melalui uap yang terhirup.
  • Terapi uap ini selanjutnya akan dapat membantu mengencerkan lendir Anda sehingga membuatnya lebih mudah untuk keluar.

5. Bawang Putih

Salah satu bahan dasar untuk memasak ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk memasak, bawang putih juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis gangguan kesehatan, termasuk salah satunya adalah mengurangi lendir di tenggorokan. Bawang putih ternyata mengandung zat antibiotik alami sehingga tak heran jika khasiatnya pun sangatlah kaya. Bagaimana cara untuk mengkonsumsinya? Caranya:

  • Siapkan satu siung bawang putih mentah dan konsumsilah secara langsung.
  • Lakukan sebanyak 3 kali sehari, sehingga kandungan antibiotik di dalamnya dapat secara optimal membunuh bakteri penyebab lendir berlebihan di tenggorokan.
  • Ulangi terus sampai merasa sudah nyaman.

6. Daun Mint

Daun mint adalah salah satu bahan tambahan yang banyak digunakan untuk berbagai produk obat khususnya obat batuk. Sehingga khasiat daun mint ini sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Selain untuk obat batuk, daun mint ini tentunya dapat pula digunakan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan lendir yang berlebihan di tenggorokan. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan beberapa lembar daun mint.
  • Cuci hingga bersih lalu campurkan pada segelas air panas.
  • Tunggu beberapa saat hingga meresap, kemudian minumlah ramuan daun mint ini selagi masih hangat.

Sumber: sistasehat

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments