Radar Kajen

Satu Keluarga Keracunan Jamur

Satu Keluarga Keracunan Jamur

KERACUNAN – Salah seorang korban hingga saat ini masih dirawat di RSUD Kajen, sedangkan satu korban meninggal dunia.
TRIYONO / RADAR PEKALONGAN

*Satu Tewas, Tiga Dirawat

KAJEN – Satu keluarga warga Dukuh Gutomo, Desa Gutomo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Selasa (27/2), keracunan jamur jenis siung kidang. Akibat kejadian itu, satu orang dinyatakan meninggal dunia sedangkan tiga korban lainnya harus menjalani perawatan di RSUD Kajen.

Korban meninggal dunia adalah Kuat (75) yang merupakan kepala keluarga, sedangkan tiga korban yang selamat dan harus menjalani perawatan intensif di RSUD Kajen antara lain Daryani (45), Ponisa (41) dan M Ristan Alfaro (2) warga Desa Gutomo, Kecamatan Karanganyar.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, peristiwa keracunan jamur yang dialami oleh satu keluarga itu bermula Selasa (27/2) sekira pukul 06.00. Seluruh korban pada waktu itu memakan jamur hasil petikan, Samardi (35) yang diambol dari hutan. Samardi mendapati jamur ketika mencari rumput ditangeh hutan, dan kemudian jamur tersebut dimasak oleh Ponisa untuk lauk seluruh keluarga.

Usai makan, Kuat yang merupakan korban tewas pergi ke hutan untuk mencari rumput sekira pukul 10.00 wib, namun dia ditemukan oleh Samardi dan Rasmah dalam keadaan tergeletak dan kejang-kejang. Dengan kejadian itu, korban kemudian dibawa ke rumah dan secara bersama. Namun ketika berada di rumah, ternyata tiga anggota keluarga lainnya merasa pusing, hingga akhirnya ketiganya dibawa ke RSUD Kajen untuk mendapat perawatan.

Korban kuat sendiri akhirnya sekira Pukul. 11.00 wib meninggal dunia, dan dari hasil keterangan medis menurut yang diberikan oleh dokter jaga, korban meninggal karena keracunan Jamur.

Sementara itu, supaya korndisi ketiga korban lainnya yang masih satu rumah agar membaik, mereka untuk sementara harus menjalani perawatan intensid di RSUD Kajen. Setelah menjalani perawatan ketiga korban kini keadaan mulai membaik.

Kades Gutomo, Kecamatan Karanganyar, Gatot ketika dikonfirmasi membenarkan ada warganya yang meninggal akibat keracunan jamur “Satu korban meninggal dunia, sedangkan tiga anggota keluarga kini masih di rawat di RSUD Kajen,” terangnya.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyar kepada sejumlah awak media menyatakan korban di makamkan di Desa Gutomo, Karanganyar.

“Adapun sampel Jamur telah diamankan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, dan kasus ini masih dalam pemeriksaan anggota Polsek Karanganyar,” terangnya.(yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo

Facebook Comments