Lain-lain

Makanan Sehat untuk Pencegahan Kanker

Mempertahankan gaya hidup sehat dengan makan secara benar dan melakukan olahraga untuk tetap bugar memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Menurut World Cancer Research Fund (WCRF, UK), sekitar 1/3 dari kanker yang paling umum terjadi dapat dicegah melalui hidup sehat. Ada beberapa rekomendasi untuk Pencegahan Kanker – disaring dari temuan lebih dari 7.000 studi ilmiah.

1. Jaga Berat Badan yang Sehat

Ilmuwan telah menunjukkan bahwa selain berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat adalah hal terpenting berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker.

Menjaga berat badan Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan beberapa jenis kanker. Misalnya, kanker payudara (bagi wanita pasca-menopause), kanker kolorektal, dan kanker kerongkongan.

Tetaplah aktif. Cobalah untuk membatasi kebiasaan kurang gerak, seperti menonton TV, bermain game komputer, dsb. Sebaliknya, mulailah dengan kegiatan fisik sedang selama minimal 30 menit, tiga kali seminggu. Seiring dengan meningkatnya kebugaran Anda, lakukan kegiatan sedang selama 60 menit atau kegiatan bertenaga selama 30 menit setiap hari.

2. Makanlah Lebih Sedikit Makanan Padat Energi

Semua makanan mengandung energi (kalori). Beberapa makanan mengandung lebih banyak energi jika dibandingkan dengan jenis makanan lain yang memiliki berat yang sama. Misalnya, sepotong kue cokelat 100 gram mengandung kalori hampir 10 kali lebih banyak daripada apel 100 gram. Makanan yang mengandung banyak kalori dikenal sebagai makanan padat energi. Makanan-makanan ini cenderung tinggi lemak dan/atau gula dan dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

3. Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah kanker, misalnya kanker mulut dan kerongkongan, kanker usus besar, dan kanker hati (American Institute for Cancer Research, 2009). Untuk tujuan pencegahan kanker, kami menyarankan untuk tidak minum alkohol sama sekali jika memungkinkan. Namun, jika dikonsumsi, minuman beralkohol harus dibatasi dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas untuk wanita

Satu minuman standar:

Bir 250 ml (3-5% ABV)
Anggur 125 ml (12-13% ABV)
Spirit 25 ml (40% ABV)

4. Kurangi Mengonsumsi Daging

Menurut WCRF, sekitar 10% dari kasus kanker usus di Inggris dapat dicegah melalui pengurangan jumlah daging olahan yang kita makan. Ada juga bukti kuat yang menghubungkan makan banyak daging merah dengan kanker usus.

Jadi, untuk mengurangi risiko terkena kanker, kita harus makan tidak lebih dari 500 gram (berat daging setelah dimasak) daging merah (misalnya daging sapi, dan domba) per minggu, dan menghindari daging olahan (misalnya ham, sosis, dan daging kalengan).

*500 gram daging masak adalah sekitar 750 gram daging mentah atau daging masak yang berukuran sebesar telapak tangan adalah sekitar 90 gram.

5. Makanlah lebih banyak Makanan Nabati

Makanan dari tumbuhan (seperti gandum utuh, produk kacang, buah-buahan, dan sayuran) dapat mengurangi risiko terkena kanker tertentu. Penyebabnya makanan nabati memiliki energi yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan lain, sehingga membantu kita menjaga berat badan.

Selanjutnya, vitamin dan mineral dari makanan nabati dapat memperkuat kekebalan dan menjaga tubuh kita tetap sehat; kandungan serat yang tinggi dalam makanan nabati sangat baik untuk sistem pencernaan kita.

Cara untuk makan lebih banyak makanan nabati:
Targetkan untuk makan 5 porsi sehari, setiap hari: Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral, dan merupakan sumber serat yang baik.
Ketika menyiapkan makanan Anda, cobalah untuk mengisi setidaknya 2/3 piring Anda dengan sayuran, produk gandum utuh, kacang-kacangan atau lentil, dan sereal.

6. Suplemen

Sering kali, kami mendorong masyarakat untuk mencapai semua kebutuhan nutrisi mereka melalui asupan makanan biasa. Mengkonsumsi beraneka jenis makanan dalam seminggu seharusnya sudah cukup untuk mendapatkan semua jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika Anda harus minum suplemen, pastikan Anda memahami mengapa Anda meminumnya.

7. Makan Lebih Sedikit Garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat membahayakan kesehatan kita, meningkatkan risiko terkena kanker perut, serta tekanan darah tinggi. Garam dikaitkan dengan 14% kanker perut di Inggris. Sodium adalah komponen garam. Untuk mengetahui berapa banyak garam yang terkandung dalam makanan, kalikan kandungan sodium dengan 2,5.
Asupan garam harian kita harus kurang dari 6 g (sodium 2400 mg) (~ 1 sendok teh garam/hari)
Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda mengurangi asupan garam:
Kurangi asupan garam secara bertahap, kemudian pada akhirnya hilangkan tambahan garam seluruhnya. Anda tidak perlu menambahkan garam saat memasak atau menyajikan makanan di atas meja.
Periksa label makanan dan pilih makanan dengan kandungan sodium yang lebih rendah.
Cobalah untuk menyiapkan makanan dari awal, gunakan bumbu dan rempah sebagai ganti garam untuk penyedap.
Gunakan daging segar daripada daging olahan.

Demikianlah makanan sehat untuk pecegahan kanker. Semoga bermanfaat.

Sumber: CANHOPE
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments