Lain-lain

Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Otak dengan Makanan

Banyak orang yang menganggap bahwa masa belajar telah berakhir di bangku sekolah atau kuliah, sehingga tidak perlu lagi belajar pada masa kerja. Anggapan tersebut tentu saja sangat keliru, karena belajar harus terus dilakukan untuk menjaga kemampuan otak supaya tetap berfungsi dengan optimal. Tanpa belajar, kemampuan otak akan mengalami penurunan yang tentu saja akan berdampak pada kinerja otak itu sendiri.

Selain belajar, ada cara lain yang bisa ditempuh untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak yakni mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi otak. Ya, makanan adalah salah satu faktor utama dalam meningkatkan kemampuan otak sehingga tidak bisa disepelekan begitu saja. Namun makanan tersebut tentu saja haruslah dipilah terlebih dahulu berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya. Untuk memudahkan anda dalam memilih makanan terbaik untuk meningkatkan kemampuan otak, kami telah membuat rangkumannya di bawah ini. Selamat menyimak!

Jenis Bahan Makanan Untuk Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat Otak
meningkatkan daya ingat otak

1. Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan sangat baik untuk kesehatan otak, karena mengandung omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan omega 3 pada ikan akan berperan dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan sel-sel otak dalam berinteraksi satu sama lain. Jika anda ingin selalu berkonsentrasi penuh dalam menjalani pekerjaan, maka perbanyaklah mengonsumsi beberaja jenis ikan seperti ikan salmon, sarden, dan tuna.

2. Cabai

Selama ini makanan yang identik dengan vitamin C adalah jeruk. Padahal, terdapat makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk yaitu cabai. Ya, hal tersebut telah dibuktikan langsung oleh berbagai penelitian, dan para peneliti menemukan fakta bahwa cabai memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk hingga dua kali lipat. Vitamin C pada cabai tentu saja akan memberi dampak positif pada kinerja dan kemampuan otak, sehingga akan memberi dampak positif pula pada kemampuan memecahkan masalah dan tingkat konsentrasi.

3. Buah Tomat

Mengonsumsi tomat secara rutin bukan hanya akan meningkatkan kemampuan otak, namun dapat pula menjaga kesehatan otak sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti alzheimer. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan penting dalam tomat yaitu antioksidan lycopene. Untuk mengonsumsi tomat, anda bisa menambahkannya sebagai bahan makanan ataupun mengolahnya menjadi jus segar.

4. Telur

Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

5. Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

6. Gandum Murni

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

7. Oat

Oat atau oatmeal adalah sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Adapun kandungan lainnya seperti seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang ada pada oat dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.

8. Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

9. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

10. Sayuran Berwarna

Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

11. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

12. Susu dan Yoghurt

Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Itulah beberapa jenis makanan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat otak.Perlu disadari bahwa kinerja otak sangatlah berpengaruh pada jenis aktivitas atau pekerjaan apapun, termasuk pekerjaan yang melibatkan otot di dalamya. Sekian rangkuman tentang makanan terbaik untuk meningkatkan kemampuan otak, semoga bermanfaat.

Sumber: Tips Kesehatan dan National Geographic Indonesia
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments