Lain-lain

Mengobati Luka Bakar dengan Bahan-Bahan Alami

1. Gunakan Madu

Madu mengandung zat antiseptic yang bisa membantu mengatasi luka bakar ringan seperti terkena minyak panas dan knalpot bisa diobati dan dihilangkan dalam waktu yang relatif singkat. Penggunaannya sangat mudah yaitu dengan cara mengoleskan madu pada area luka bakar. Walaupun terbukti memberi hasil yang cepat, namun hasil tersebut tidak akan pernah terwujud jika Anda tidak menerapkannya secara rutin. Maka dari itu Anda harus membuat jadwal yang rutin dan berkala supaya proses penyembuhan berjalan cepat dan lancar.

2. Gunakan Kulit Pisang

Cara mengobati luka bakar dengan pisang yaitu cukup oleskan kulit pisang pada area terbakar, lakukan proses tersebut hingga warna kulit pisang berubah menjadi hitam. Hal ini bertujuan supaya zat-zat alami yang ada dalam kulit pisang mampu menyerap secara maksimal pada kulit sehingga luka bakar bisa segera hilang secara permanen.

3. Gunakan Lavender

Sejatinya lavender adalah tumbuhan liar yang tumbuh di semak semak. Selain terkenal dengan manfaatnya mengusir nyamuk, lavender juga bisa mengobati luka bakar. Untuk penyembuhan luka bakar, gunakan lavender yang sudah di olah menjadi minyak lavender. Campurkan minyak lavender dengan lidah buaya lalu oleskan ke luka bakar. Jika Anda tidak mempunyai minyak lavender, anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

4. Gunakan Lidah buaya

Lidah buaya dipercaya bisa dengan cepat menyembuhkan luka bakar. Caranya cukup dengan mematahkan lidah buaya, dibagian yang keluar getah dioleskan ke luka bakar. Lakukan cara tersebut secra terus menerus sampai luka mengering. Getah lidah buaya berfungsi mendinginkan lupa dan mempercepat proses pemulihan jaringan kulit.

5. Gunakan Cuka

Cuka adalah senyawa organik yang sangat efektif untuk mengatasi luka bakar. Selain murah dan ekonomis, pengguanaannya pun sangat mudah karena anda hanya perlu mencelupkan kapas pada cuka lalu mengoleskannya pada area luka bakar. Pada awalnya mungkin cuka akan memberi sensasi perih, namun hal tersebut tidak akan bertahan lama dan justru akan meringankan sensasi terbakar dikemudian hari.

Itulah beberapa cara alami mengobati luka bakar yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber, dan kami rangkum menjadi lebih rinci supaya mudah untuk dipraktekan. Meski cara-cara di atas sudah terbukti mampu mengobati luka bakar, namun kami tidak menjamin seratus persen bahwa cara tersebut akan berhasil pada diri Anda. Kenapa? Karena hasil yang didapat juga akan dipengaruhi oleh komitmen Anda dalam mempraktekan langkahnya, dan dipengaruhi pula oleh tingkat luka bakar pada kulit Anda. Maka dari itu Anda harus mengetahui seberapa parah luka bakar yang anda derita dan memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam mempraktekan langkah pengobatan di atas. Jika luka bakar Anda tidak kunjung hilang, maka kami sarankan untuk berkonsultasi pada dokter guna mendapat pengobatan lebih lanjut. Sekian rangkuman tentang cara alami mengobati luka bakar, semoga bermanfaat.

Sumber: Tips Kesehatan dan tipsunik-kesehatan.blogspot.co.id
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments