Lain-lain

7 Tips Sederhana Agar Terbebas dari Insomnia

Para pakar kesehatan menyimpulkan, ukuran waktu rata – rata orang memejamkan mata hingga kebawa suasana tidur kurang lebih 90 menit. Meski hal ini tidak bisa dijadikan patokan khusus, namun setidaknya bisa menyingkat waktu yang lama tersebut menjadi lebih pendek. Dengan tujuan menghindari terjadinya insomnia, terutama bagi yang memiliki beban pikiran berat.
Berikut adalah tips sehat yang dapat kamu terapkan untuk menghindari terjadinya insomnia :

1. Warna Dekorasi Kamar yang Tepat

Penyesuaian warna pada kamar sangat memungkinkan untuk memanjakan mata kita, serta membuat hati terasa nyaman. Pastinya situasi tersebut akan membuat tubuh menjadi rileks dan mudah untuk tertidur. Karena saat kondisi kamar tidak rapi bisa membuat pikiran menjadi stres. Akibat dari beban yang dialami oleh pikiran tersebut, maka otak yang seharusnya rileks sebelum tidur akan berubah menjadi sebaliknya, hingga membuat diri kita susah tidur ( terserang insomnia ).

2. Kasur yang Sesuai

Kondisi yang memungkinkan membuat badan terasa nyaman adalah sesuatu yang menyebabkan kita merasa ngantuk dengan cepat. Untuk itu pemilihan kasur sesuai dengan keinginan sangatlah penting. Tidak menutup kemungkinan tipologi kasur ada keterkaitan dengan gangguan insomnia.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara Kamar

Memperhatikan ventilasi udara kamar juga sangat penting untuk kamu yang ingin bebas dari insomnia. Dengan aliran udara segar yang keluar masuk melalui lubang udara, akan membuat hidung terasa adem dan lega. Dengan kondisi nyaman seperti itu, tidak mungkin tubuh kamu akan mengalami ketegangan, yang menyebabkan pikiran menjadi stres saat menjelang tidur.

4. Kurangi Cahaya Berlebihan

Mata akan terasa sulit terpejam jika ada cahaya terang di hadapan kita, hingga berakibat pada gangguan insomnia. Hal ini sangat berhubungan langsung dengan radiasi cahaya lampu yang membuat pandangan mata menjadi buram. Pada sebagian orang, cahaya terang lampu kamar juga bisa memicu timbulnya sakit kepala, akhirnya mereka kesulitan untuk tidur.

5. Kondisi Tubuh yang Memadai

Berawal dari kebiasaan buruk yang sering kita alami saat melakukan aktivitas sehari – hari, ternyata juga dapat menjadi faktor penyebab insomnia. Jika tubuh terasa lelah, maka sebagian organ akan terasa tidak nyaman dalam kondisi apapun. Perkara tersebut merupakan salah satu hal umum penyebab seseorang susah untuk tidur.

6. Hindari Mengonsumsi Kafein

Banyak sekali minuman yang mengandung kafein, salah satunya paling favorit adalah kopi. Kopi mengandung senyawa kafein, jika dikonsumsi dapat membantu mencerahkan sistem syaraf dalam sel otak. Dari sinilah banyak orang mengatakan, bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu kinerja otak, bahkan membuat seseorang terhindar dari rasa mengantuk. Namun dampak buruk akan terlihat jika kita mengonsumsi ini dalam jumlah berlebih, salah satunya adalah insomnia serta merasa tidak tenang saat tidur.

7. Hindari Bermain Gadget

Radiasi ponsel yang dipancarkan melalui gelombang Elektromagnetik, secara tidak langsung akan mengganggu aktivitas sel otak kita. Karena itu, tidak heran jika ada anak kecil bermain ponsel, maka ia akan merasa dirinya tidak terasa ngantuk.

Itulah 7 tips sederhana agar terbebas dari insomnia. Semoga bermanfaat.

Sumber: Arbamedia.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments