Lain-lain

Mengobati Mata Minus

Setiap orang mampu mengubah tingkat fokus matanya dengan cepat tanpa disadari, sehingga menyebabkan miopia atau rabun jauh yang kita sering dengar dengan nama mata minus. Mata minus ini pasti mengganggu aktivitas sehari-hari kan? Meski mata minus masih bisa terbantu dengan adanya kacamata, tentu ada saja aktivitas lain yang menuntun Toppers nggak berkacamata. Banyak yang mencoba ke dokter dan melakukan operasi lasik untuk mengangkat minus di matanya. Tapi, tahukah Toppers jika ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah mata minus?

Yuk, simak beberapa tips dan cara mengobati mata minus yang mudah untuk terapkan sehari-hari:

Tips dan Cara Mengobati Mata Minus

Konsumsi Suplemen Mata

Dengan mengkonsumsi banyak suplemen mata, akan mendapat banyak keuntungan karena hasilnya berguna bagi kesehatan tubuh, dan bukan hanya untuk mata saja. Mata membutuhkan vitamin A, ß-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik. Menjaga kesehatan mata memerlukan asupan nutrisi yang lumayan tinggi sehingga memang agak sulit untuk dipenuhi oleh makanan sehari-hari dan harus didukung oleh asupan suplemen. Juga membuat jus wortel dan minum setiap hari agar lebih alami dan sehat. Jus wortel bisa memberikan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Bisa membuatnya jus wortel sendiri di rumah dengan mudah atau bisa juga membelinya di tempat terdekat.

Melihat Benda Bergerak

Cara mengurangi mata minus yang satu ini bisa dilakukan sehari-hari dengan melihat kendaran yang berlalu-lalang di jalan raya, tapi kalau merasa hal ini membahayakan, bisa menggantinya dengan menggunakan bola ping pong yang dililitkan pada seutas benang. Lihatlah pada bola ping pong yang diayunkan dari jarak yang jauh dengan mata.

Lepas Kacamata Kalau Enggak Diperlukan

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya. Mungkin bisa coba buktikan sendiri, saat menggunakan kacamata, pasti akan lebih banyak menggerakan leher untuk melihat sekeliling dibandingkan menggerakan bola mata. Selain itu, dengan melepas kacamata, juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

Sering Melihat Objek Jauh

Coba untuk melihat objek dengan jarak yang jauh, seperti ke arah bangunan, sawah, langit, dan pegunungan atau tempat-tempat lainnya yang bisa memberi sudut pandang yang jauh. Tapi, ada baiknya lebih banyak melihat objek berwarna hijau. Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, oleh karena itu coba sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan. Kalau memang enggak bisa karena jauh atau sibuk, sering-seringlah melihat objek-objek yang jaraknya cukup jauh di sekelilingmu untuk mengistirahatkan otot mata.

Terapi Daun Sirih

Menyembuhkan mata minus dengan obat alami yaitu darun sirih. Daun sirih memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya adalah membuang kotoran, mengobati iritasi, mematikan kuman dan jamur pada mata. Berikut cara untuk melakukan terapi daun sirih:

  • Ambil 2 lembar daun sirih.
  • Cuci bersih (jangan direbus karena akan mengeluarkan zat-zat yang terkandung di dalamnya).
  • Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur (bisa menggunakan bantuan plester agar menempel pada mata).
  • Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci wajah hingga bersih.
  • Senam Mata

Senam mata ini bermanfaat banget karena bisa melatih kelenturan otot mata. Selain itu, senam mata merupakan cara mengurangi mata minus yang paling populer dan paling cepat terasa khasiatnya. Cara untuk melakukan senam mata ini mudah, yaitu:

  • Tatap lurus ke depan.
  • Gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik.
  • Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.Lakukan juga poin no.2-3 untuk ke arah bawah, kanan dan kiri.
  • Setelah poin no.4 selesai dilakukan, lakukan gerakan memutar bola mata 360° searah jarum jam selama 2 kali.
  • Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  • Lakukan poin no.5, namun kali ini kebalikan dari arah jarum jam.
  • Lakukan pada pagi dan sore hari.
  • Menggunakan Teknik Eye Palming

Apakah familiar dengan teknik satu ini? Teknik yang simple ini bisa membantu mata untuk beristirahat dan rileks. Eye Palming ini baik digunakan setelah melakukan senam mata agar mata kembali normal dan segar kembali. Cara untuk melakukan teknik eye palming yang mudah ini yaitu:

  • Gosok-gosokan kedua tangan sampai terasa agak panas.
  • Tutup kedua mata dan tutupi dengan tangan (jangan sampai menekan bola mata).
  • Usahakan tidak ada cahaya dari luar yang masuk.Lakukan beberapa kali sampai mata terasa rileks.
  • Bisa melakukan teknik eye palming ini kapan saja mata mulai terasa penat.
  • suplemen mata.

Mata minus memang mengganggu penglihatan dan penampilan sehingga banyak yang menggunakan softlens atau kacamata. Tapi, dengan berbagai tips dan cara mengobati mata minus diatas bisa mengurangi dan menghilangkan minus dengan praktis dan dijamin cepat. Yuk, rajin minum vitamin dan olahraga mata agar mata lebih sehat dan bebas minus!

Sumber: tokopedia

Editor:  Khofifah SMK ( SITHIFAIYYAH NAHDLIYYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments