Lain-lain

Mengapa Harus Mandi dengan Air Dingin?

Air apa yang biasanya kamu gunakan untuk mandi, Toppers? Panas atau dingin? Banyak orang cenderung mandi dengan air panas di pagi dan malam hari karena tidak mau menggigil kedinginan. Apalagi kalau udara di luar juga sedang tidak bersahabat. Namun ternyata, mandi air dingin di pagi hari lebih menguntungkan lho buat kamu! Berikut segudang manfaat mandi air dingin yang jadi alasan mengapa kamu harus mulai mengubah kebiasaan.

Khasiat dan Manfaat Mandi Air Dingin

Meningkatkan Kesuburan

Masih berkaitan dengan manfaat mandi air dingin sebelumnya, mandi air dingin ternyata juga dapat menambah jumlah sperma pria. Menurut suatu penelitian di tahun 1950, pria yang rutin mandi air panas selama tiga minggu berturut-turut cenderung infertil selama 6 bulan berikutnya. Sementara itu, mandi air dingin justru terbukti meningkatkan keluaran sperma hingga 491%.

Menambah Semangat

Tak bisa disangkal bahwa sensasi mandi air dingin dapat membuat tubuh terasa segar dan mengusir rasa kantuk. Konon zaman dahulu kala, para samurai selalu mandi dengan air dingin. Air dingin disinyalir sebagai penanda pemurnian yang dapat membuat tubuh mereka selalu semangat, sehat, dan kuat dalam bertarung.

Mengurangi Rasa Stress

Saat stress, banyak wanita lebih nyaman mandi air panas dengan alasan membuat tubuh nyaman dan relax. Padahal, mandi air dingin justru lebih ampuh mengurangi rasa stress. Mengapa? Manfaat mandi air dingin lainnya adalah menambah pasokan oksigen ke otak. Oksigen ini akan membuat kepalamu terasa clear dan mengeliminasi beban pikiran.

Merawat Kulit

Manfaat mandi air dingin pertama adalah menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. Air dingin dapat membuat pori-pori mengecil atau mengencang, sehingga kotoran tak mudah masuk atau menyerap di kulit. Sementara itu, air panas justru berisiko membuat kulit kering serta tidak kenyal.

Menjaga Kesehatan Rambut

Mandi air dingin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, lho! Air dingin mampu menutup kutikula rambut sehingga tampilannya lebih bercahaya, juga mencegah penumpukan kotoran di kulit kepala. Mandi air dingin juga tak akan mengikis kelembaban kulit kepala layaknya air panas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut studi Thrombosis Research Institute dari Inggris, sel darah putih orang-orang yang rutin mandi air dingin di pagi hari bekerja lebih baik melawan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh daripada orang-orang yang terbiasa mandi air panas. Menurut studi tersebut, saat terkena air dingin, tubuh akan berusaha menghangatkan dirinya melalui sistem metabolisme. Metabolisme ini mengaktifkan sistem imun tubuh dengan merilis lebih banyak sel darah putih.

Menurunkan Berat Badan

Ternyata, khasiat mandi air dingin termasuk untuk menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Hal ini adalah karena suhu dingin dapat membantu mengikis lemak coklat pada tubuh. Lemak coklat ini fungsinya menghasilkan rasa panas dan hangat pada tubuh, dan ia akan berkurang dengan sendirinya bila tubuh kita sering terpapar udara dingin.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat mandi air dingin selanjutnya adalah melancarkan peredaran darah. Bila peredaran darahmu baik, tubuh juga tak mudah terkena berbagai macam penyakit seperti hipertensi, pengerasan arteri, varises, dan lain-lain. Makanya, yuk mulai biasakan mandi air dingin.

Menambah Hormon Testosteron

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa banyak atlet-atlet olahraga mandi air dingin sebelum bertanding? Hal ini karena manfaat mandi air dingin lainnya, yakni meningkatkan testosteron dalam tubuh laki-laki. Testosteron adalah hormon yang dapat membuat energi serta kekuatan tubuhmu bertambah drastis.

Memperbaiki Mata Panda

Manfaat mandi air dingin lainnya adalah mengatasi masalah mata panda. Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata pasti ganggu banget. Lingkaran hitam ini biasanya muncul bila kamu habis begadang hingga larut malam atau melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Untuk mengatasinya, coba mandi dengan air dingin! Salah satu manfaat air dingin adalah memperbaiki jaringan kulit, hingga mata panda pun lebih mudah dihilangkan.

Memulihkan Otot Nyeri/Linu

Habis olahraga rutin namun baru merasa pegal-pegal beberapa hari kemudian? Hilangkan nyeri/linu otot seketika dengan mandi air dingin. Hal ini karena salah satu manfaat mandi air dingin adalah untuk melakukan regenerasi sehingga rasa nyeri, lelah, atau pegal-pegal hilang dalam waktu singkat.

Sebelas manfaat air dingin tadi adalah bukti mengapa kamu harus mulai membiasakan diri untuk mandi air dingin. Meski tak nyaman dan dapat membuat tubuh menggigil, mandi air dingin di pagi hari lebih menguntungkan daripada air hangat. Mandi air hangat memang nyaman, tapi sebaiknya lakukan hal tersebut di malam hari saja. Itu pun dalam frekuensi yang tak terlalu sering ya.

Sumber: tokopedia

Editor: Khofifah SMK ( ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments