Radar Kajen

Simulasi UNBK Mati Listrik

Di Salah Satu Sekolah

Sebanyak 67 SMP/MTs se Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2017-2018 bakal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 23 hingga 26 April mendatang. Dua kali simulasi ujian nasional dengan menggunakan sistem online ini sudah dilakukan pekan lalu.

Jaringan listrik menjadi kendala utama dalam simulasi UNBK tersebut. Sebab, salah satu sekolah penyelenggara sempat mati listrik saat para siswa calon peserta UNBK tengah mengerjakan soal. Hingga akhirnya para siswa harus mengulang mengerjakan soal-soal ujian.

“Persiapan sudah kita lakukan, termasuk melaksanakan simulasi tahap dua. Persiapan simulasi tahap dua sudah seminggu lalu. Semuanya lancar, kendala paling kendala teknis seperti listrik padam di salah satu sekolah. Tapi sudah nyala lagi,” terang Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dindikbud Kabupaten Pekalongan, Catur Elmuyati, kemarin.

Sehingga, lanjut dia, simulasi ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan nanti, pasokan listrik harus benar-benar diperkuat. “Sebelum pelaksanaan nanti, genset harus-harus diperkuat. Ada untungnya juga simulasi ini. Membuat kita tahu kekurangan persiapannya apa saja,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Sumarwati, menambahkan, terkait UNBK tahun ini sedikit spesial dan terjadi peningkatan. Pasalnya, tahun 2016-2017 lalu, hanya satu sekolah yang menyelenggaran ujian nasional berbasis komputer. Yakni, SMP N Wiradesa.

“Kalau sekarang ada 60an sekolah yang menyelenggarakan. Termasuk yang luar biasa adalah SMP Petungkriyono menjadi salah satu penyelenggara UNBK tahun ini. Kemarin juga sempat saya cek, tidak ada kendala. Semuanya sudah siap,” ungkap Sumarwati.

Selain pelaksanaan UNBK, pelatihan atau simulasinya juga sudah dilaksanakan di SMA/SMK terdekat. “Ada beberapa sekolah yang masih menumpang UNBK di SMA / SMK terdekat.

Hal ini karena para jumlah komputer di masing-masing sekolah belum memenihi 30 persen dari total jumlah siswa. Tahun ini 60, tahun depan diharapkan sudah semua yang bisa menjadi penyelenggara UNBK. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments