Radar Pendidikan

Perketat Latihan Karate Jelang Gelaran POPDA

Perketat Latihan Jelang Gelaran POPDA

LATIHAN – Suasana latihan guna persiapan POPDA cabang olahraga karate.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*Cabor Karate

WIRADESA – Para atlet karate muda di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) rutin menggelar latihan guna mempersiapkan kompetisi POPDA Kabupaten Pekalongan Cabang Olahraga (Cabor) Karate yang akan digelar dalam waktu dekat.

Beberapa siswa dari serbagai sekolah meliputi SMP Muhammadiyah Wiradesa, SMK Muhammadiyah Pencongan, SMP Islam Al Bayan hingga SMA Islam Al Bayan rutin menggelar latihan yang bertempat di halaman Pondok Pesantren Al Bayan.

“Untuk persiapan POPDA ini memang kami lebih ketat latihannya,” ujar Pelatih Karate, Ira Mujiono, kepada Radar Pekalongan.

Dijelaskan, ia lebih sering melakukan sparing di beberapa sesi latihan, sebab dengan adanya beberapa pemain dari sekolah lain akan memberi variasi latihan sehingga para atlet mampu lebih mengeluarkan potensi yang dimiliki.

Dalam menjalani sesi latihan, Sinshei Ira, sapaan karib sang pelatih, harus selalu melihat mood anak ketika menggelar latihan. “Biasanya kami latihan 1 jam 30 menit, kadang lebih, kadang juga kurang,” ujarnya.

Beberapa permainan atau ice breaking juga tak luput diberikan sang pelatih guna menghilangkan kejenuhan yang tak jarang melanda para peserta latihan.

“Untuk POPDA nanti, saya masih belum berani menargetkan. Yang penting kami berusaha maksimal dulu saat latihan,” jelasnya.

Menurutnya, untuk membentuk atlet menjadi berprestasi butuh beberapa tahapan dan waktu yang tidak singkat. Para siswa harus rutin berlatih dan rajin dalam mempelajari jurus-jurus yang diajarkan.

“Paling tidak butuh waktu minimal 1 tahun untuk pembentukan. Tapi umumnya butuh 2 tahun baru bisa berbicara prestasi,” tandasnya. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments