Radar Pendidikan

Harapkan Anak Lebih Ceria

Harapkan Anak Lebih Ceria

TES – Peserta Pesta Siaga sedang mengikuti pos tes.
MALEKHA / RADAR PEKALONGAN

*Pesta Siaga Kecamatan Pekalongan Barat

KOTA – Pengurangan jatah pos atau saat ini lebih dikenal dengan sebutan taman. Menjadi salah satu upaya untuk menjadikan anak-anak lebih ceria dan menikmati prosesi pesta siaga. Karena pada hakekatnya pesta siaga adalah moment iswa untuk mengembangkan diri.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pesta Siaga Kecamatan Pekalongan Barat, Bonari, kepada Radar Pekalongan di Halaman SMKN 3 Pekalongan, Sabtu (24/2).

“Kalau tahun kemarin kita mempunyai 12 pos, tapi untuk tahun ini kita cuma ada 10 pos. Dan ada sedikit perbedaan pada materi-materi yang ada didalamnya,” ungkap Bonari.

Pengurangan tersebut, menurutnya berangkat dari pertimbangan faktor siswa yang terlalu berat dalam melakukan tugas-tugas dalam pesta siaga. Sehingga mereka kurang menikmati dan mengurangi keceriaan karena banyak hal yang harus mereka pelajari.

“Kami takut membebani ya, karena mau tidak mau semakin banyak pos maka akan semakin banyak materi yang harus mereka pelajari. Padahal pada intinya pramuka siaga ini adalah bagaiamana mereka bisa ceria dan menikmati dunia mereka sebagai anak-anak,” imbuhnya.

Ia menegaskan, meskipun ada pengurangan namun tidak akan mengurangi esensi utama dari pesta siaga. Pos-pos wajib tentang pengetahuan kepramukaan tetap berjalan sebagaimana adanya.

“Yang kami kurangi tentu sudah kami pertimbangkan ya, insyaAllah tujuan utama kegaitan pesta siaga tetap bisa didapatkan oleh para peserta tanpa membebani merka terlalu banyak,” terang Bonari.

Pihaknya berharap, kegaiatan pesta siaga ini bisa menjadikan para siswa lebih mandiri, belajar sportivitas dan berkompetisi serta membangun mental persaudaraan ditengah ketatnya suasana kompetisi,” pungkasnya. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments