Radar Pendidikan

Pesta Siaga, Tekankan Nilai Religi

Pesta Siaga, Tekankan Nilai Religi

SIAGA – Kwartir Ranting (Kwarran) Buaran menekankan nilai religi pada setiap siswa.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*Kwarran Buaran

BUARAN – Kegiatan Pesta Siaga Kwartir Ranting (Kwarran) Buaran menekankan nilai religi pada setiap siswa. Gelaran rutin setahun sekali ini menguggulkan nilai-nilai keagamaan dalam pelaksanaan, diantaranya dengan iringan rebana ketika pembukaan pada Sabtu (24/2). Bertempat di MIS Kertijayan, tim rebana dari anak-anak pramuka memandu para tamu undangan untuk memasuki area Pesta Siaga Kwarran Buaran.

Ketua Kwarran Buaran, Makhfudz Basari, menuturkan dirinya ingin para peserta pesta siaga merasa senang dengan kegiatan tapi tidak melupakan kewajiban untuk melaksanakan ibadah ketika waktunya telah tiba.

“Dalam kegiatan pramuka di Buaran, salah satu nilai yang dijunjung tinggi adalah nilai keagamaan. Praktik keagamaan harus dijalankan dengan baik. Jangan sampai karena ada pesta siaga sholat jadi lupa,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (24/2).

Makhfudz, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa nilai religi memang kental dalam dunia pendidikan di Kecamatan Buaran. Pesta siaga 2018 diikuti oleh 540 peserta dari 27 gugus depan, yakni 15 SD dan 12 MI. Terdapat 10 taman kegiatan yang digelar pada pesta siaga yang mengangkat tema Pramuka Siaga Gembira, Kreatif, dan Bersahabat.

Disebutkan, barung putra yang mewakili Kwarran Buaran berasal dari MIS Kertijayan, SDN Coprayan, dan MI Wonoyoso 1. Sementara itu, barung putri akan diwakili dari MIS Kertijayan, MI Wonoyoso 01, dan MI Wonoyoso 02. Makhfudz berharap barung yang mewakili Kwarran Buaran dapat berlaga dengan baik di tingkat Kwarcab.

Sementara itu, Kapolsek Buaran Haryanto, yang membuka acara juga menuturkan hal yang serupa. Dirinya berharap para peserta dapat bergembira karena kegiatan ini mengarah pada hal-hal baik.

“Kami sangat senang dan bangga melihat anak-anak ceria. Semoga kelak mereka menjadi anak yang baik, menurut pada orang tua, berhasil dalam karir, dan paling penting tetap cinta NKRI,” tandasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments