Radar Pendidikan

Ciptakan Pramuka Kreatif, Semangat dan Gembira

Ciptakan Pramuka Kreatif, Semangat dan Gembira

BERLOMBA – Suasana para siswa SD/MI se Kecamatan Siwalan saat berlomba dalam ajang Pesta Siaga, Minggu (25/02).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*Pesta Siaga Kwarran Siwalan

SIWALAN – Kwartir Ranting (Kwarran) Siwalan menggelar ajang Pesta Siaga yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siwalan, Minggu (25/02). Sebanyak 27 Pangkalan Gugus Depan (Gudep) yang terdiri dari 25 SD dan 2 MI turut bersaing memperebutkan posisi tergiat untuk dapat mewakili Kwarran Siwalan ke tingkat yangt lebih tinggi.

“Masing-masing gudep mewakilkan 2 barung, 10 putra dan 10 putri. Jadi total ada 540 peserta,” ujar Ka Kwarran Siwalan, Suyanto, kepada Radar Pekalongan, Minggu (25/02).

Dalam gelaran ajang tahunan tersebut, Kwartir Ranting Siwalan ingin mewujudkan kegiatan yang lebih meriah, kreatif, serta mengajak siswa untuk bersemangat dalam berkompetisi.

Camat Siwalan, selaku Kamabiran Siwalan, Gino, menuturkan pihaknya mengajak agar senantiasa terjalin komunikasi yang baik antara Kwarran, Koramil, Muspika, serta pihak sekolah yang kini terkoordinir melalui Unit Pelaksana Tugas (UPT) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS).

Menurutnya, kegiatan pramuka merupakan ajang yang menyenangkan serta dapat melatih jiwa kepanduan bagi para siswa. Sehingga dalam ajang pesta siaga tahun 2018 ini, Kwartir Ranting (Kwarran) Siwalan senantiasa berupaya menciptakan kegiatan yang lebih meriah. “Kalau saya menilai, banyak peningkatan dalam kegiatan pramuka yang ada di Kecamatan Siwalan ini,” ujar Pak Camat Gino, sapaan akrabnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kwartir Ranting (Kwarran) Siwalan tercatat sering mencatatkan namanya sebagai wakil yang maju dalam gelaran pesta siaga di tingkat Binwil (Karesidenan). “Memang tahun 2017 kemarin kami gagal ke Binwil, tapi harapannya untuk tahun ini semoga kami dapat berbicara di tingkat Cabang (Kabupaten), sehingga dapat maju lagi ke tingkat Binwil, atau bahkan ke Kwarda,” ujar Ka Kwarran, Suyanto.

Keluar sebagai barung tergiat putra putri gelaran pesta siaga kali ini yakni tim dari Gugus Depan SD Negeri 01 Siwalan. Gudep dengan nama barung Kuning Tua I tersebut berhasil memboyong 2 piala bergilir putra dan putri. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments