Radar Pendidikan

Latih Mandiri, Gelar Pesta Siaga

Latih Mandiri, Gelar Pesta Siaga

PESTA SIAGA – Camat Kajen, Sri Kurniasih selaku Ka.Mabiran Kajen saat membuka kegiatan Pesta Siaga di Komplek Terminal Kajen, Sabtu (24/2)
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*Kwaran Kajen

KAJEN – Untuk melatih kemandirian sekaligus menambah wawasan dan kompetensi siswa, Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kajen, melaksanakan Pesta Siaga. Ajang yang diikuti 920 anak pramuka tingkat SD digelar di Komplek Terminal, Kajen, Sabtu (23/2).

Kegiatan diikuti seluruh SD se-ex UPT Dindikbud Kajen, yang dikelompokkan masing-masing Putra dan putri dengan anggota tiap barung ada 10 orang berasal dari pangkalan SD se-Kecamatan Kajen.

Pesta Siaga dengan tema ‘Bermain, Belajar dan Berkompetensi’, dengan Motto ‘Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan’ bertujuan untuk membina dan memgembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Kemudian membentuk karakter pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan sikap meneruskan nilai-nilai kejuangan dari pada generasi bangsa.

Ka Mabiran Kajen, Sri Kurniasih dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pesta Siaga merupakan salah satu wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak usia dini sehingga. Diharapkan ke depan akan lahir generasi anak bangsa yang handal dan berkarakter baik.

“Pesta Siaga ini banyak sekali manfaat yang bisa diambil, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi. Sekaligus sebagai evaluasi dalam pelaksanaan latihan rutin yang dilaksanakan oleh masing-masing pangkalan Gugus Depan,” katanya.

Untuk Ka Mabiran, berharap anak-anak yang mengikuti Pesta Siaga, jalani dengan bahagia dan jangan menjadi beban, diharapkan untuk bisa mengikuti semua kegiatan dengan sebaik mungkin. Patuhi semua aturan, perintah, dan saran yang disampaikan oleh kakak-kakak Panitia dan Pembimbing dari masing-masing utusan pangkalan Sekolah. Berlombalah secara sportif serta junjung sportivitas dan jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi antar anggota pramuka.

“Kalian ini merupakan generasi bangsa oleh karena itu kalian harus menyerap dengan baik apa yang telah diberikan kakak panitia,” imbuhnya.

Sementara dalam Pesta Siaga itu sebagai juara maka berhak melaju ke tingkat Kabupaten Pekalongan untuk mewakili ex Upt Dindikbud Kajen. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments