Lain-lain

Obat Tradisional dengan Bunga Mawar

1. Khasiat Bunga Mawar untuk Rambut

Bila Anda penasaran untuk mencoba khasiat dari bunga mawar ini, saat Anda keramas dengan menggunakan shampo, Anda bisa meneteskan sedikit air mawar di rambut hingga aroma wangi yang dimiliki mawar ini keluar. Bila kondisi rambut sudah basah walaupun tidak keramas, Anda bisa mengoleskan air mawar di rambut.

Penggunaan air mawar ini sangat berguna sebagai perangsang pertumbuhan rambut, jadi bunga ini sangat cocok terlebih untuk Anda yang mengalami kebotakan. Selain sebagai pencegah kebotakan, bunga mawar juga bisa digunakan sebagai pembasmi kutu rambut serta penghilang ketombe dengan cara yang alami.

2. Bunga Mawar bagi Wajah

Penggunaan air mawar sebagai perawatan kulit wajah memang sangat baik. Anda bisa mengurangi jerawat di wajah dengan cara mencuci wajah dengan menggunakan air hangat yang telah di campur dengan bunga mawar. Bersihkan wajah hingga wajah Anda terlihat bersih dan cerah. Lakukan kebiasaan baik ini paling tidak seminggu 3 kali dengan teratur.

3. Manfaat Bunga Mawar Sebagai Obat

Selain untuk kecantikan, bunga mawar ternyata juga bisa di sulap untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti:

     1. Mengobati Batuk Kering

Batuk kering yang menahun bisa Anda sembuhkan dalam waktu sekejap menggunakan bunga mawar. Anda cukup menyiapkan beberapa kuntum bunga mawar yang telah kering, kemudian mencampurnya dengan gula batu. Tim kedua bahan hingga sari air keluar. Minum ketika hangat.

     2. Mengatasi Bengkak di Kaki

Ambilah 1 kuntum mawar, dan 40 gram daun sembung. Cuci bahan hingga bersih dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga air rebusan tersisa satu gelas. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari setelah makan.

4. Manfaat Mawar untuk Kulit

Kulit memang perlu dijaga. salah satunya menggunakan air mawar. Air mawar berguna sebagai penyeimbang sabun dan PH pada kulit. Anda bisa membuat air mawar ini sendiri. Caranya dengan merebus kelopak bunga mawar dengan menggunakan api yang kecil, kemudian suling airnya. Air sulingan mawar inilah yang sering disebut sebagai air mawar.

Oke, itu dia penjelasan yang cukup singkat mengenai manfaat bunga mawar sebagai obat tradisional. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaatnya Sehat
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments