Lain-lain

Manfaat Siwak bagi Kesehatan

Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk bersiwak, beliau sendiri juga bersiwak setiap hari. Rasulullah juga menyebutkan bahwa bersiwak itu memiliki faedah yang sangat luar biasa.

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob”. [HR. Ahmad]

Siwak adalah dahan atau akar dari pohon yang digunakan untuk membersihkan gusi, mulut dan gigi. Semua dahan atau akar pohon apa saja dapat digunakan untuk bersiwak selama itu semua memenuhi kriteria atau persyaratan yaitu lembut, berserat dan bersifat basah, serta seratnya kuat sehingga tidak mengotori mulut.

 

Sedangkan para peneliti baru mengetahui manfaat siwak ini setelah mereka melakukan penelitian tentang siwak. Penelitian yang berkaitan dengan dengan tanaman telah membuktikan bahwa siwak memiliki unsur-unsur yang berguna sebagai pencegah penyakit kanker. Contohnya pada siwak jenis India yang sudah terbukti memiliki kandungan minyak yang mampu bekerja untuk menjaga gusi dari radang dan bahkan menjadi penawar bagi gusi yang terkena radang.

Selain itu, siwak juga bisa mencegah gigi dari pembusukkan yang dilakukan oleh bakteri, pencegahan ini sangat sempurna. Mayoritas penduduk asli daratan Barat Afrika dan sebagian kawasan Asia Tenggara memakai siwak, sehingga mereka tidak pernah terserang penyakit pembusukan gigi atau radang gusi.

Bagaimana Rasulullah dapat mengetahui bahwa siwak ini memiliki manfaat yang luar biasa? Apakah beliau adalah seorang dokter spesialis ramuan tumbuhan atau spesialis mulut dan gigi atau ilmu farmasi? Sedangkan ia hanyalah seorang manusia yang ‘ummi’ alias tidak bisa membaca dan menulis. Namun beliau berkata demikian 14 abad silam.

Rasulullah SAW selalu memakai siwak, dan beliau telah berwasiat untuk memakai siwak dalam beberapa haditsnya, di antaranya:

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan salat”. [HR. Bukhari & Muslim]

“Aku bertanya kepada ‘Aisyah: “Apa yang dilakukan pertama kali oleh rasulullah jika dia memasuki rumahnya?” Dia menjawab “Bersiwak”. [HR. Muslim]

“Siwak adalah pembersih mulut dan membuat ridha Tuhan.” [HR. Nasa`i dan Ibnu Khuzaimah]

Sumber: makintau.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments