Radar Jateng

Jembatan Progo Segera Dibangun Kembali

Jembatan Progo Segera Dibangun Kembali

RUNTUH – Jebatan sungai progo runtuh diterjang banjir, Kamis (22/2) lalu.
Setyo Wuwuh/Temanggung Ekspres

TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung akan segera membangun kembali Jembatan Sungai Progo yang runtuh diterjang banjir pada Rabu (21/2) malam lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Temanggung Pardiyono mengatakan, sebenarnya pembangunan jembatan ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun terakhir, namun pelaksanaanya baru akan dilakukan di tahun 2018 ini.

Pasca runtuhnya jembatan, pekan depan akan dimulai pembangunan Jembatan Progo yang diawali dengan pengangkatan rangka jembatan yang runtuh, kemudian penentuan posisi kepala jembatan yang baru/ “Sudah ada rencana pasti, sebenarnya meskipun jembatan itu tidak runtuh juga akan direnovasi kembali,” terangnya kemarin.

Pardiyono menuturkan, pembangunan Jembatan Progo Temanggung yang runtuh bakal dilakukan satu paket dengan Jembatan Galeh di Parakan. Pembangunan kedua jembatan berasal dari dana APBN dengan nilai Rp23 miliar. “Bersamaan dengan jembatan Sungai Progo juga akan dibangun kembali jembatan Galeh, keduanya ini satu paket,” terangnya.

Dikatakan, untuk pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Kranggan dan Kecamatan Temanggung ini sudah ada pemenang tendernya. Sehingga rencana pembangunannya sudah bisa dipastikan akan segera dilakukan.

Ia menjelaskan, pada pembangunan kembali jembatan tersebut, koordinasi kalau diperlukan pelebaran tanah, termasuk nanti ada pemindahan prasasti yang ada di sisi timur jembatan. “Nanti koordinasi itu sekaligus dilakukan karena di Jembatan Galeh memerlukan pemindahan sejumlah kios yang berada di depan RSK Ngestiwaluyo,” katanya.

Menurutnya, selain menggunakan anggaran APBD, pembangunan jembatan tersebut, rangka bajanya mendapat bantuan dari Kementerian PUPR. “Bentang Jembatan Progo 60 meter dengan lebar sembilan meter. Jembatan tersebut nantinya dilengkapi dengan relief perjuangan, termasuk tempat untuk tabur bunga. Relief perjuangan yang membuat Pemkab Temanggung, akan tetapi nanti koordinasinya dengan pusat,” terangnya.

Sebagaimana diketaui, jembatan Progo termasuk jembatan bersejarah, yakni tempat para pejuang mempertahankan kemerdekaan RI pada masa lampau. Sedianya jembatan ini memang akan dibangun, pada masa pemerintahan Bupati Temanggung Bambang Sukarno, pembangunan jembatan ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas di wilayah tersebut.(set)

Facebook Comments