Radar Kendal

Modal Rp27 Juta, Aset jadi Rp 5 Miliar

Modal Rp27 Juta, Aset jadi Rp 5 Miliar

HIBAH – Anggota KSPPS BMT El Amanah menerima hibah modal untuk pengembangan usaha yang diserahkan oleh Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal Ratna Mustikaningsih didampingi Manager BMT El Amanah Kumaefi Abdillah.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

*RAT ke-VII KSPPS BMT El Amanah Tahun 2017

KENDAL – KSPPS BMT El Amanah Kendal mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-VII Tutup Buku Tahun 2017 di Adila Resto pada Sabtu (24/2). Pada acara yang bertema Mempererat Ukhuwah Islamiyah dan Silatirahmi antar Pengurus, Pengelola dan Anggota, juga memberikan hibah modal usaha dari Dana Sosial BMT dengan total jutaan rupiah kepada lima anggota. Selain itu juga membagikan doorprize kepada anggota berupa mesin cuci, kulkas, sepeda serta puluhan barang elektronik lainnya.

Manager KSPPS BMT El Amanah, Kumaefi Abdillah, mengatakan, kegiatan Rapat Anggota Tahunan ke-VII tersebut merupakan bentuk pertanggung jawaban pengurus selama satu tahun kepada anggota selain itu juga sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat ukhuwah islamiyah.

“Kami undang seluruh anggota dan juga mitra dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSPPS BMT El Amanah, agenda RAT ini adalah laporan pertanggung jawaban dan rencana satu tahun kedepan. Dalam hal ini yang paling penting bagi anggota SHU, perlu diketahui bahwa tahun 2017 laba bersih kami mencapai Rp83 juta dan kami juga berikan hibah modal dengan total jutaan rupiah kepada anggota,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan bahwa KSPPS BMT El Amanah mengawali operasionalnya sejak tahun 2009 dengan modal awal Rp27 juta. Saat ini Aset sudah meningkat mencapai Rp5 Milliar dalam kurun waktu 8 tahun saja. Bahkan prestasi tersebut disusul dengan pembukaan cabang pertama di Kaliwungu dalam waktu dekat ini. Sementara jumlah anggota aktif KSPPS BMT El Amanah mencapai 170 orang dengan calon anggota tahun ini yang akan mulai aktif sekitar 1300 orang.

“Alhamdullilah kami sampai dengan saat ini sudah memiliki Aset sekitar Rp5 Milliar padahal modal awal hanya Rp27 juta, laba bersih masih terbilang baik namun dengan kategori kami sebagai BMT beraset dibawah Rp5 Milliar dapat dikatakan sudah bagus,” imbuhnya.

KSPPS tahun ini akan mulai masuk tahun ke sembilan dan pihaknya berharap bahwa kedepan semakin banyak manfaat yang dapat diberikan kepada anggota, mitra dan juga masyarakat serta senantiasa terus membantu memberikan pembiyaan kepada para anggotanya. Perlu diketahui bahwa KSPPS BMT El Amanah menyediakan pembiayaan kepada para pelaku usaha mikro atau menengah dengan maksimal jumlah pembiayaan senilai Rp50 juta, syaratnya hanya perlu menjadi anggota dan memiliki usaha.

Salah satu anggota KSPPS BMT El Amanah, Sulton, warga Cepiring, mengatakan bahwa dirinya menjadi anggota KSPPS BMT El Amanah sejak tahun 2009. Ia juga sangat mengapresiasi pencapaian BMT El Amanah yang dapat meningkatkan Asetnya hingga Rp5 Milliar dan berharap kedepan BMT El Amanah semakin maju serta memberikan banyak manfaat.

“Dengan tingkat pertumbuhan BMT di Kendal yang belum terlihat signifikan maka prestasi KSPPS BMT El Amanah patut mendapatkan apresiasi yang setinggi-tingginya, mudah-mudahan BMT El Amanah semakin maju dan banyak mamberikan manfaat untuk anggota,” ungkapnya. (adv/fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments