Radar Pendidikan

Taman Rangking 1, Meriahkan Pesta Siaga

Kwartir Ranting Wiradesa

BERLOMBA – Suasana siswa SD/MI se Kecamatan Wiradesa saat berlomba mengikuti gelaran Pesta Siaga, Sabtu (24/02).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*Kwartir Ranting Wiradesa

WIRADESA – Gelaran pesta siaga yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Wiradesa, Sabtu (24/02) berjalan meriah. Terdapat 10 taman lomba yang menjadi ajang bagi para siswa pramuka siaga untuk memperebutkan nilai sempurna di setiap tamannya.

“Dari 10 taman, ada yang menarik di pesta siaga kali ini yaitu taman rangking 1,” ujar Pembina sekaligus Pendamping Gugus Depan SD Negeri 02 Gumawang, Rizqi El Fauzia, kepada Radar Pekalongan, Sabtu (24/02). Dalam taman rangking 1 para siswa dibekali dengan 2 peraga sebagai media menjawab pertanyaan, papan warna hijau untuk jawaban benar dan papan warna merah untuk jawaban salah.

Berdasarkan pantauan Radar Pekalongan, masing-masing barung yang terdiri dari 10 anggota sangat antusias menjawab setiap pertanyaan yang disajikan oleh panitia. “Yah, seperti tadi pertanyaannya simpel-simpel tentang kepramukaan, kebangsaan, dan pertanyaan-pertanyaan umum lainnya,” ujar dia.

Karena disebut sebagai Taman Rangking 1, muncul sebagai peserta rangking 1 terbaik dari seluruh peserta putra dan putri. “Untuk Rangking 1 ini anak-anak sudah kami siapkan materi-materinya sejak kemarin latihan, tapi hasilnya ya kami serahkan kembali ke mereka,” imbuhnya.

Selain Taman Rangking 1, 9 taman yang lain juga tak kalah seru dan mengajak para peserta untuk tetap bersemangat dalam mengikuti gelaran pesta siaga kali ini. Diantaranya ada Taman Seni Budaya, Taman Ketangkasan, Taman Membaca Peta Buta, Taman Kelengkapan Tanda Pramuka, Taman Peraturan Baris-berbaris (PBB), hingga Taman Permainan Patil Lele. “Nah kalau yang patil lele ini yang agak susah. Istilahnya bejo-bejonan,” ujar Elfa, sapaan akrabnya.

Usai seluruh Taman selesai ditempuh oleh para peserta, munculah 6 Barung terbaik putra dan 6 Barung terbaik putri. Namun hanya 3 Barung putra dan 3 Barung putri yang akan mewakili Kwartir Ranting (Kwarran) Wiradesa melaju ke tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pekalongan. “Tergiat putra juara 1 SDN 01 Wiradesa, juara 2 MIS Kadipate, juara 3 MIS Warulor. Kemudian untuk tergiat putri juara1 MIS Warulor, juara 2 SDN 01 Wiradesa, dan juara 3 SDN 01 Pekuncen,” jelasnya. Ke enam Barung tersebutlah yang siap melaju ke tingkat yang lebih tinggi mewakili Kwarran Wiradesa. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments