Radar Pendidikan

RA Muslimat Wonoyoso Kenalkan Moda Transportasi

RA Muslimat Wonoyoso

KUNJUNGI – Siswa-siswi RA Muslimat NU Wonoyoso saat mengunjungi Stasiun Pekalongan, Kamis (22/2).
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Puluhan siswa RA Muslimat Wonoyoso melakukan kunjungan di Stasiun Pekalongan, Kamis (22/2). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembelajaran out door. Dimana pihaknya ingin mengenalkan aneka moda transportasi, salah satunya kereta api.

“Hari ini kami lakukan pembelajaran out door, kami ajak siswa untuk mengunjungi Stasiun Pekalongan. Nah kami ingin mengenalkan kalau transportasi yang ada di Pekalongan itu banyak. Tidak hanya becak, ojek, angkutan umum dan lainnya. Tapi di sini kita juga bisa menggunakan kereta api,” terang Kepala RA Muslimat NU Wonoyoso, Khikmatu Khusna SPd AUD didampingi Guru, Hidayatul Maula SPd.

Diterangkan, dalam kunjungannya kali ini pihaknya diajak berkeliling Stasiun Pekalongan. Selain itu anak-anak juga dikenalkan berbagai profesi yang ada dalam lingkungan perkeretaapian. Seperti masinis, pramugari kereta api, polisi kereta, porter dan lainnya.

Selain itu, anak juga diajarkan bagaimana tata cara menggunakan kereta api. Mulai dari proses pembelian tiket, hingga duduk di kursi yang telah dipilih.

“Banyak sekali yang dipelajari di sini. Anak-anak juga tahu kalau kereta itu juga ada kereta penumpang dan kereta barang. Selain itu juga anak disebutkan beberapa tujuan,” imbuhnya.

Menurutnya, kunjungan ini dapat menjadi pengalaman baru bagi anak didiknya. Pasalnya kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari. Dan hanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

“Selama ini mereka kan taunya kereta-kereta mainan itu. Nah kalau sekarang mereka bisa langsung melihat ular besi kereta api itu seperti apa. Mereka kan juga sering menyanyikan lagu kereta api. Jadi dengan ini imajinasi anak tentang kereta api bisa langsung dibuktikan. Harapannya dengan pengetahuan ini nantinya bisa menjadi bekal ketika mereka dewasa nanti,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments