Lain-lain

Sekolah Sehat Ramah Lingkungan

Dunia modern yang sangat canggih mulai memengaruhi otak manusia agar dapat berfikir lebih maju dan kritis. Sekarang, ada istilah kota hijau. Kota hijau bukan berarti kota yang semua cat rumah dan gedungnya harus berwarna hijau, melainkan kota yang memiliki tumbuhan hijau yang tidak kalah banyak dengan gedungnya.

Ada istilah yang mengatakan bahwa, “bila anda ingin merubah dunia, mulailah dengan mengubah diri anda terlebih dahulu “. Ini berarti, kita harus memulai sesuatu yang baik dari hal yang kecil terlebih dahulu. Inilah awal terfikirnya “Green School” ini. Namun, teknologi yang digunakan di sekolah itu juga tak kalah canggihnya.
Konsep dari Sekolah Ramah Lingkungan ini sama saja dengan Green City. Bedanya, sekolah ramah lingkungan ini hanya mencakup lingkungan sekolah saja.

Banyak sekolah yang membutuhkan lahan yang luas untuk menanam dan memperbanyak tumbuhan hijau, namun sebenarnya tidak perlu repot – repot mencari lahan yang luas dan subur untuk penanamannya. Cukup dengan pemanfaatan yang ada dan perawatan yang baik akan membuat tumbuhan hijau tumbuh dengan subur dan baik juga.

Begitu juga dengan elektronik yang digunakan di sekolah tersebut, harus menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Pada setiap sekolah pasti membutuhkan listrik sebagai sumber energi lampu, komputer, dan lain – lain. Nah, alangkah baiknya bila energi listrik ini kita olah sendiri dari energi angin, air atau surya. Untuk sekolah SMK yang terdapat jurusan elektro misalnya, pasti bisa mengontrol listrik dengan baik. Alangkah bergunanya jika ilmu elektro itu di manfaatkan untuk membuat listrik dari energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi atau pencemaran.

Fungsi dari Sekolah sehat yang ramah lingkungan ini memang tidak jauh beda dengan kota hijau. Yakni mengurangi terjadinya emisi rumah kaca dan kerusakan ozon. Namun, setidaknya sekolah – sekolah juga ingin berpartisipasi dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan. Ini juga demi kehidupan masyarakat kedepannya. Memang sudah dipastikan biaya yang diperlukan untuk sekolah ramah lingkungan ini tidak sedikit, namun bila sekolah ramah lingkungan ini sukses, maka sekolah yang melakukan program ini akan menjadi contoh oleh sekolah lain. Oleh sebab itu, pengaruh ini akan semakin besar dan memperluas jangkauannya. Jadi, jika kita ingin merubah dunia, mari kita merubah sesuatau yang kecil disekitar kita terlebih dahulu!

Sumber: teknorali.blogspot.co.id
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments