Lain-lain

Plastik Ramah Lingkungan dari Singkong

Plastik adalah produk yang sulit untuk di uraikan dan dihilangkan. Lalu, bagaimana caranya agar palstik tidak menimbulkan keruskan lingkungan? Bagaimanapun kegunaan plastik ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Plastik merupakan produk yang bisa dibawa kemana-mana untuk menyatukan beberapa barang ke dalam satu wadah yang praktis. Salah satu sifat manusia adalah ingin sesuatu yang praktis dan langsung jadi.

Oleh karenanya, plastik sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari manusia. Akan sangat disayangkan bila plastik ditiadakan di dunia ini. Bukankah lebih baik dan alangkah baiknya bila kita menciptakan sebuah inovasi baru untuk menggantikan plastik yang sangat merusak lingkungan ini dengan bahan yang ramah lingkungan.

Keunggulan Plastik Ramah lingkungan adalah kantong plastik ramah lingkungan ini dapat terurai hanya dalam jangka waktu 6-7 bulan saja, karena tantu saja bahannya yang terbuat dari bahan alami yaitu singkong membuat mikroorganisme dalam tanah dengan mudah menguraikannya. Ini sangat berbeda pada kantong plastik biasa yang terbuat dari bahan polyester yang merusak lingkungan, akan memerlukan banyak waktu untuk dapat terurai ditanah. Bisa dalam waktu 10 tahun bahkan lebih.

Kantong Plastik Ramah Lingkungan ini bahkan lebih kuat dibandingkan dengan kantong plastik biasa. Karena bahannya yang alami, palstik ini dapat di jadikan sebagai serat untuk tekstil, juga memiliki daya tahan tinggi terhadap jamur dan bakteri. Kantong Plastik Ramah Lingkungan ini tidak menimbulaka gas beracun atau kerusakan ozon bila di bakar. Sedangkan plastik biasa terbuat dari minyak yang langka dan mahal dan akan menibulkan gas beracun dan kerusakan ozon.

Sumber: teknorali.blogspot.co.id
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments