Lain-lain

Perencanaan yang Matang untuk Masa Depan

Kebanyakan dari kita, ketika sudah mendapatkan pekerjaan dan menerima penghasilan pertama, yang direncanakan adalah bagaimana menghabiskan hasil yang baru diperolehnya. Mentraktir teman-teman segera menjadi ide yang dianggap bagus dan akan mendapat pujian. Berbagai macam mode baju pesta sudah berpindah ke lemari di rumah, yang belum tentu sebulan sekali dipakai. Jerawat yang dulu dirawat hanya memakai sabun bayi, sekarang menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah.

Inilah gaya hidup kebanyakan dari kita. Gaya hidup yang tidak mempunyai perencanaan yang cukup jauh dan cukup matang. Paling-paling perencanaannya sejauh sebulan, seberapa gaji yang akan diterima sebesar itu juga yang keluar tanpa meninggalkan sisa yang berarti, bahkan kadang-kadang harus ngebon alias ngutang. Kan bulan depan gajian, bisa bayar hutang, begitu pikiran kebanyakan dari kita.

Jika ada yang hidup tanpa perencanaan dan sasaran yang jelas untuk masa depannya, mari belajar kepada semut yang bisa berencana jauh lebih baik. Semut menabung sebagian dari penghasilannya selama musim panas di mana makanan dapat diperoleh dengan berlimpah. Semut tidak bekerja malas-malasan atau hidup dengan boros, sekalipun penghasilannya sedang melimpah ruah. Ia makan secukupnya, dan menyimpan sisanya. Dengan hidup penuh perencanaan dan tahu menguasai diri, semut tidak pernah mengalami masalah ketika masa sukar tiba. Teladanilah perencanaan sang semut!

Sumber: Artikel Alam
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments