Radar Kajen

Festival Durian Lolong Sukses

This slideshow requires JavaScript.

Tarik Ribuan Wisatawan

Pemkab Upaya Jadikan Daerah Penuh Wisata Potensi

Kabupaten Pekalongan memang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun juga potensi hasil bumi yang melimpah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satu hasil bumi yang memikat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Santri ini adalah adalah potensi durian berkualitas unggul.

Hal ini terlihat bagaimana kemeriahan Festival Durian Lolong, di Kawasan Desa Wisata Lolong, Kecamatan Karanganyar, Minggu kemarin (25/2). Ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati festival tersebut untuk menikmati buah durian varietas unggulan di Pekalongan.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan diikuti Wakil Bupati Arini Harimurti, Ketua DPRD Hj Hindun, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha, Sekda Mukaromah Syakoer, dan sejumlah pejabat teras itu, berjalan sangat meriah.

Sebab, tahun ini masyarakat tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati durian sepuasnya, melainkan gratis. Pawa pengunjung juga bisa membeli durian secara langsung dari petani yang membuka lapak varietas durian unggulan.

Pada kesempatan tersebut, setelah menyaksikan kirab gunungan durian, dan berbagai lomba dalam festival tersebut, Bupati Asip Kholbihi mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh panitia, sebagai bentuk rasa syukur atas panen durian dan rezeki berlimpah dari hasil panen.

“Kegiatan ini selain merupakan agenda rutin tahunan, dan Desa Wisata Lolong, sekarang telah menjadi bagian dari desa wisata di Jawa Tengah. Desa Lolong ini juga menjadi rujukan DPRD untuk pembuatan Perda Potensi Desa Wisata,” kata bupati.

Selain itu, lanjut dia, pada kegiatan festival tersebut, Komisi B DPRD Jawa Tengah juga mengikuti kegiatan, untuk menyaksikan secara langsung kemeriahan kegiatan, juga melihat potensi varietas durian unggulan di Desa Lolong.

“Saya menyambut dengan sangat antusias kegiatan ini. Kita akan menjadikan Kabupaten Pekalongan, sebagai daerah penuh dengan festival potensi seperti di Banyuwangi, yang dalam setahun menggelar 62 festival,” tandas Asip.

Di Kabupaten Pekalongan memiliki banyak potensi yang sudah digelar festival, seperti durian Lolong, durian Rogoselo, culummnar joint Watu Bahan Lemah Abang Doro, Gula Aren Petungkriyono, dan masih banyak lagi.

Dijelaskan juga, bahwa sesuai petunjuk dari Komisi B Provinsi Jawa Tengah, kawasan Lolong masih perlu banyak pembenahan, penataan, agar dapat menjadi sebuah desa wisata yang lebih baik, serta lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, salah seorang pengunjung asal Kendal, Hilda mengatakan, dirinya sengaja meluangkan waktu liburnya untuk menyaksikan Festival Durian di Desa Wisata Lolong tersebut bersama keluarga.

“Pumpung liburan, saya kesini bersama keluarga, pingin lihat festival durian di Lolong, sembari mencari durian dengan kualitas bagus,” terang ibu dua anak itu. (adv)

Facebook Comments