Radar Kajen

Kodim dan Perhutani Lakukan Reboisasi

Reboisasi

JELAJAH HUTAN – Dandim 0710 Pekalongan beserta anggota dan KPH Pekalongan Timur melakukan jelajah pengecekan dan reboisasi di hutan-hutan yang rawan longsor.
MUHAMMAD HADIYAN

Upaya Pencegahan Longsor

Kodim 0710 Pekalongan bersama Perhutani Pekalongan melaksanakan pengecekan ke lokasi-lokasi rawan longsor di Kota Santri. Pengecekan yang dibarengi dengan upaya reboisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung wilayah perhutanan yang rawan bahaya longsor sebagai bentuk antisipasi.

Dandim 0710 Pekalongan Letkol Infanteri Muhammad Ridha, Sabtu (24/2), turut terjun dalam kegiatan tersebut. Lokasi pengecekan itu dimulai dari Kecamatan Petungkriyono, Karanganyar, hingga Lebakbarang.

Menurut Dandim Ridha, reboisasi atau penanaman pohon ini diharapkan dapat mencegah terjadinya erosi serta tanah longsor.

Menurut Dandim M Ridha, selain untuk pemantauan wilayah rawan longsor, kegiatan jelajah hutan tersebut juga sebagai langkah antisipasi terjadinya erosi dan longsor, dengan mengadakan rebosiasi atau penanaman pohon di wilayah yang ditengarai rawan longsor.

“Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi terjadinya erosi maupun longsor. Karena selain kita memantau daerah yang rawan longsor, kita juga mengadakan reboisasi atau penanaman pohon. Ini sebagai salah satu upaya kita dalam mencegah terjadinya longsor tersebut,” jelas Dandim.

Sementara, Toni Kuspaja, Admin KPH Pekalongan Timur mengatakan bahwa struktur tanah adalah bebatuan di bawahnya tanah padas, sehingga mudah terjadi longsor, dan tanaman yang cocok untuk pencegahan erosi adalah yang bertipe pembelukaran.

“Struktur tanah bebatuan yang di dalamnya tanah wadas, sehingga apabila air masuk langsung mengalir kembali dan apabila beban diatas terlalu berat maka akan terjadi longsor. Maka tanaman yang cocok untuk pencegahan terjadinya longsor adalah yang bertipe pembelukaran, sehingga bebanya tidak terlalu berat,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, ada peran masyarakat dan stakholder terkait, untuk melakukan pengecekan dan tindakan penanganan sehingga longsor ini tidak terjadi lagi.

“Kami berharap ada peran dari masyarakat dan Stakholder terkait untuk melakukan pengecekan dan penanganan. Ini sudah diawali oleh Dandim 0710 pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha, yang melakukan reboisasi sebagai langkah pencegahan, agar tidak terjadi tanah longsor. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini longsor tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Kegiatan jelajah hutan tersebut dilaksanakan di Hutan Wilayah Kabupaten Pekalongan, yang meliputi daerah Petungkriyono, Lebakbarang serta Karanganyar. Pengecekan dan penanaman itu diikuti oleh Dandim 0710 pekalongan Letkol Infanteri Muhammad Ridha beserta anggota dan Admin KPH pekalongan Timur beserta anggota yang berjumlah kurang lebih 30 orang. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments