Radar Batang

60 Persen Penghuni Rutan karena Kasus Narkoba

Penghuni Rutan Kasus Narkoba

PENYULUHAN – Kakanwil Kemenkumham Jateng, Ibnu Chuldun memberikan penyuluhan hukum terpadu di Gedung Pramuka, Kabupaten Batang.
M Dhia Thufail

BATANG – Fenomena penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi di masyarakat saat ini menjadi kasus yang menyita keprihatinan semua pihak.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Batang, bersama Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah belum lama ini mengambil langkah untuk memberikan sosialisasi dalam penyuluhan hukum terpadu terhadap perlindungan anak yang dihadiri Ibu-ibu PKK di Kabupaten Batang.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jateng, Ibnu Khuldun menyampaikan, bahwa nilai kejahatan tertinggi di Jawa Tengah adalah akibat dari penyalahgunaan narkoba.

“Dari fenomena yang berkembang di masyarakat dan persoalan yang fundamental, yaitu masalah penyalahgunaan narkoba, tingginya angka kejahatan terhadap pelanggaran hukum akibat dari penyalahgunaan narkoba, bahkan hampir 60 persen penghuni rutan di Kabupaten Batang yaitu karena kasus narkoba,” terangnya.

Ibnu menambahkan, tidak hanya penyalahgunaan narkoba, kejahatan juga bisa terjadi akibat teknologi informatika.

Dalam kesempatan itu, Ibnu juga mengimbau kepada semua pihak terutama para orang tua untuk tidak luput dalam mengawasi dan melindungi anak. “Kita harapkan penyuluhan hukum terpadu bisa menumbuh kembangkan kesadaran orang tua untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak,” pesannya.

Terpisah, Wakil Bupati Batang, Suyono mengatakan, bahwa dirinya sangat prihatin terhadap perkembangan zaman saat ini, dimana kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur sangat banyak terjadi, dan penggunaan narkoba oleh anak anak serta penggunaan Hp android yang disalah gunakan untuk membuka situs situs pornografi.

“Mulai dari sekarang, anak anak harus di didik menjadi anak yang memiliki karakater dan moral yang baik. Sehingga dengan kebenaran dalam mendidik mampu menjadikan orang yang mampu bergerak dan menggerakan orang lain dan bermanfaat untuk dirinya dan Bangsa,” katanya. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments