Metro Pekalongan

Panwas Temukan Banyak APK Melanggar

KOTA PEKALONGAN – Panwas Pemilihan Kota Pekalongan mencatat banyak alat peraga kampanye yang melanggar aturan. Sebagian besar APK yang kini sudah dipasang oleh tim masing-masing paslon, bukan merupakan APK resmi fasilitasi KPU. Selain itu, penempatanya pun dinilai tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua Panwas Pemilihan Kota Pekalongan, Sugiharto mengungkapkan, Panwas sudah melakukan identifikasi, dan menemukan banyak pelanggaran terkait pemasangan APK.

Hasil identifikasi kemudian dikaji, dan memberikan rekomendasi tentang adanya pelanggaran tersebut kepada KPU. Selanjutnya, kewenangan penindakan seluruhnya ada di KPU. “Kami sudah lakukan identifikasi sejak sebelum tanggal 15 Februari, sebelum masuk masa kampanye. Ternyata sudah banyak APK yang dipasang, dan itu melanggar.

Kemudian setelah itu kami juga identifikasi kembali, banyak APK yang juga melanggar karena bukan merupakan APK resmi fasilitasi KPU serta ditempatkan di lokasi yang tidak seharusnya,” jelas Sugiharto.

Panwas dikatakan Sugiharto, tidak memiliki kewenangan untuk mengeksekusi. Jika ada pelanggaran, Panwas hanya bisa memberikan rekomendasi sesuai jenis pelanggaran.

“Nanti dari KPU yang berkoordinasi. Akan memberikan surat ke tim kampanye jika tidak diturunkan, maka berkoordinasi dengan Satpol,” tambahnya.

Rekomendasi terkait banyaknya APK yang melanggar, lanjutnya, sudah diserahkan Panwas sejak tanggal 20 Februari lalu. Selain itu, Panwas juga sudah memberikan surat imbauan kepada tim kampanye terkait APK yang dipasang sebelum masa kampanye. “Terkait pelanggaran pemasangan APK sebelum tanggal 15 Februari atau dimulainya kampanye, kami sudah berikan imbauan ke tim kampanye juga,” katanya.

Mengenai jenis pelanggaran bahwa APK yang dipasang bukan merupakan APK resmi fasilitasi KPU, ia juga menjelaskan bahwa tim kampanye paslon memang diperkenankan membuat APK secara mandiri, namun desainnya harus melalui persetujuan KPU. “Jadi desainnya harus sama dengan yang difasilitasi KPU. Padahal sampai saat ini KPU belum memasang fasilitasi APK apapun secara resmi,” ujarnya.

KPU Kota Pekalongan, Jumat (23/2) menggelar rapat koordinasi bersama tim kampanye paslon dalam Pilgub, instansi terkait dan Panwas. Selain memaparkan tentang aturan kampanye, dalam pertemuan tersebut KPU juga menyatakan bahwa saat ini sudah banyak APK yang melanggar aturan. “Hasil koordinasi, sejak hari ini jika ada APK yang melanggar maka akan ditertibkan. Secara lisan kami sudah sampaikan ke tim kampanye, dan akan ditindaklanjuti dengan surat untuk menertibkan APK yang tidak sesuai aturan. Mungkin besok sudah ada penertiban APK yang melanggar. Semua yang belum resmi, atau tidak sesuai ketentuan akan ditertibkan,” jelas Ketua KPU Kota Pekalongan, Basir.

Dalam rakor, disampaikan mengenai Perwal Nomor 16 Tahun 2018. Mulai dari ketentuan APK maupun bahan kampanye dan lokasi yang diperbolehkan untuk pemasangan APK maupun bahan kampanye. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments