Lain-lain

Ternyata Uap Ketika akan Menyiduk Nasi Ada manfaatnya untuk Kecantikan Kulit lho, Lihat yuk!

Terlihat cantik dan menawan serta didukung dengan kulit yang mulus adalah hal yang paling diinginkan bagi setiap wanita. Kecantikan alami tanpa sentuhan jarum operasi lebih banyak disukai. Ada berbagai cara untuk mendapatkan itu semua tanpa harus tersentuh jarum operasi.

Selain melakukan perawatan ke dokter dan salon kecantikan, melakukan perawatan sendiri dengan bahan alami juga bisa Anda lakukan. Perawatan kecantikan tanpa harus mengeluarkan uang, namun membuat kulit Anda menjadi sehat dan mulus. Rahasianyanya adalah uap nasi. Uap nasi adalah salah satu alat kecantikan yang sudah digunakan sejak zaman nenek moyang dulu.

Uap nasi bisa dijadikan alternatif terapi untuk menyembuhkan berbagai jenis masalah pada kulit. Manfaat uap nasi untuk kecantikan ini memang telah diketahui sejak dahulu. Dalam setiap uap nasi yang keluar dari beras yang dimasak mengandung beberapa bahan antioksidan dengan kadar yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu, dalam uap nasi juga terdapat senyawa allantonin yang memiliki fungsi sebagai anti peradangan. Senyawa lain yang terkandung dalam uap nasi adalah hasil perpecahan dari mineral, vitamin dan protein yang terdapat dalam beras.

Lantas apa saja manfaat uap nasi untuk kecantikan yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat? Berikut ini adalah daftar dari manfaat uap nasi untuk kecantikan kulit Anda:

1. Mengatasi kulit kusam

Kulit kusam akan membuat penampilan Anda menjadi tidak menarik dan tidak percaya diri. Manfaat uap nasi yang pertama ini mampu mengatasi masalah kulit kusam yang Anda alami. Untuk mengatasinya, Anda bisa lakukan spa atau terapi dengan menggunakan uap nasi.

Karena ketika kita menguapi wajah dengan uap nasi pori-pori kulit akan membuka dan membuang racun yang mengendap didalamnya. Racaun tersebut menghilang melalui keringat yang keluar. Apabila kulit terbebas dari racun dan kotoran, maka kulit dapat bernafas dengan baik.

2. Menghilangkan jerawat

Salah satu masalah kulit yang dianggap paling mengganggu adalah jerawat. Bahkan beberapa orang rela menghabiskan koceknya untuk sekedar menghilangkan jerawat. Sebenarnya hanya dengan menguapi wajah dengan uap nasi jerawat bisa hilang dan wajah kembali bersih.

Manfaat uap nasi untuk kecantikan yang satu ini sangat berkhasiat bagi Anda yang ingin mengobati jerawat di wajah. Karena, saat wajah kita terkena uap nasi yang hangat pori-pori wajah akan terbuka dan kotoran pun keluar melalui keringat.

Anda bisa melakukan terapi uap nasi ini tiga kali dalam seminggu secara rutin. Caranya, terapkan uap nasi hangat ke bagian wajah yang berjerawat. Jika sudah selesai, bersihkan wajah dengan air dingin. Mudah bukan?

3. Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak juga menjadi masalah kulit yang paling dihindari para wanita. Karena, kulit berminyak cenderung mudah terkena beberapa masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam dan masih banyak lagi.

Produksi minyak berlebih pada jaringan kulit bawah lah yang menyebabkan kotoran mengendap di pori-pori. Tapi tenang saja, uap nasi juga bermanfaat dapat mengatasi kulit berminyak. Uap nasi dikenal mampu melancarkan peredaran darah dan mengukung proses kerja kelenjar minyak agar lebih stabil.

4. Mengatasi penuaan dini

Proses penuaan dini biasanya akan muncul pada wanita atau pria yang telah berusia 30 tahun. Efek penuaan dini yang pertama muncul adalah flek hitam, keriput, dan kulit kendor atau tidak kencang. Hal ini dipengaruhi oleh produksi hormone dan kulit yang sering terpapar radikal bebas.

Untuk itu manfaat uap nasi untuk kecantikan sangat membantu dalam mengatasi proses penuaan dini. Uap nasi yang hangat mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Terapi uap nasi ini sangat disarankan para ahli untuk mengatasi masalah kulit ini.

5. Memelihara kelembapan kulit

Kulit wajah yang tidak lembab akan terlihat lebih kering dan kusam. Beberapa orang berusaha menjaga kelembapan kulitnya dengan mengaplikasikan krim pelembab sebagai dasar sebelum menggunakan bedak. Namun, jika menggunakan krim pelembab yang tidak cocok dengan jenis kulit maka akan timbul masalah kulit lain, seperti jerawat.

Sebenarnya, tidak harus menggunakan krim pelembab untuk menjaganya. Hanya dengan menguapi wajah dengan uap nasi pun akan memberikan kelembapan yang alami. Karena, di dalam uap nasi mengandung suhu panas yang dapat mengalirkan beberapa senyawa yang berfungsi memeleihara kelembapan kulit.

6. Mengecilkan pori-pori

Ada sebagian orang memiliki pori-pori yang besar. Hal ini membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Biasanya pori-pori yang besar akan memudahkan berbagai kotoran masuk dan mengendap, hingga timbul jerawat. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan penguapan dengan uap nasi.

Manfaat uap nasi untuk kecantikan ini akan memancing sistem peredaran darah untuk menutup pori-pori yang yang terbuka. Uap nasi yang hangat juga mampu membantu mengatasi peradangan kulit dan mencegah infeksi kulit dari pori-pori.

7. Mengencangkan Kulit

Uap nasi juga berkhasiat mampu mengencangkan kulit lho. Kulit wajah yang kurang kencang akan terlihat lebih tua dan keriput. Manfaat uap nasi untuk kecantikan ini diperkuat oleh kandungan aroma pati pada uap nasi yang dapat membantu kulit menjadi lebih kencang. Bukan hanya itu, aroma pati juga mampu mengatasi menipisnya kolagen pada kulit wajah.

8. Membuat lebih awet muda

Manfaat uap nasi untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu membuat Anda menjadi awet muda. Seperti yang telah diketahui uap nasi megandung antioksidan yang berfungsi menjadga kulit agar terlihat lebih awet muda. Uap nasi juga mampu membuat kulit menjadi lebih kenyal dan lembut.

9. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Namun, mencuci muka dengan menggunakan sabun pembersih atau pelembab harus cocok dengan jenis kulit Anda. Jika tidak sesuai maka akan timbul berbagai jenis masalah kulit, seperti jerawat, noda dan flek hitam.

Selain mampu mengatasi berbagai masalah kulit, uap air juga mampu membersihkan wajah dari kotoran secara alami. Kandungan pati alami dan senyawa yang terdapat pada uap nasi dapat membersihkan wajah dan membuat kulit menjadi lebih halus.

10. Mengobati penyakit eksim

Manfaat uap nasi yang tak kalah hebat adalah mampu mengobati penyakit eksim. Eksim adalah salah satu masalah kulit yang umumnya menyerang bagian tangan dan kaki di bagian sendi. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh eksim membuat para penderitanya ingin segera mengobati.

Salah satu cara pengobatan penyakit eksim adalah dengan uap nasi. Caranya, tempatkan handuk untuk menyerap uap yang keluar dari panci ketika memasak nasi. Setelah handuk hangat dan lembab, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terkena penyakit ini. Lakukan terapi ini secara rutin hingga eksim hilang.

Terapi-Uap-Nasi

Setelah mengetahui beberapa manfaat uap nasi untuk kecantikan. Mungkin sebagian dari Anda bertanya, bagaimana cara mengaplikasikan terapi ini? Caranya cukup mudah, yaitu:

• Ketika akan memasak nasi, gunakan beras alami yang tak terkontaminasi bahan kimia. Pemilihan beras ini dimaksudkan agar uap yang dihasilkan murni tidak mengandung senyawa kimia.

• Pakai panci khusus memasak nasi agar uap yang keluar stabil.

• Setiap melakukan terapi uap nasi, usahakan masak nasi sebanyak 1 hingga 2 gelas beras.

• Pastikan letak wajah dan suhu sesuai dengan posisi panci sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

• Lakukan terapi uap nasi ini secara rutin minimal 1 minggu sekali sesuai dengan keluhan.

• Setelah proses penguapan selesai. Bersihkan wajah dengan menggunakan handuk yang telah direndam dengan air dingin.

Manfaat uap nasi untuk kecantikan ini sudah dipercaya khasiatnya sejak zaman dulu. Bahkan, zaman dulu nenek moyang menggunakan masker yang berasal dari air rendaman beras. Selain mudah dan murah, terapi ini juga lebih alami tanpa efek samping. Yuk, mari rawat kulit kita menggunakan uap air! Selamat mencoba.

Sumber: warung kopi

Editor: Khofifah SMK ( ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments