Lain-lain

Khasiat Vitamin bagi Kesehatan Kulit

Vitamin adalah salah satu sumber nutrisi bagi tubuh termasuk untuk kesehatan kulit. Vitamin dapat ditemukan dari berbagai sumber makanan bahkan sekarang banyak vitamin hasil dari ekstraksi dari berbagai jenis buah-buahan dan sumber vitamin lain.

Khasiat Vitamin bagi Kesehatan Kulit

1. Vitamin C

Vitamin C berfungsi dalam mengambat tanda-tanda penuaan. Radikal bebas dalam tubuh bisa dilawan dengan vitamin C, misalnya kerutan pada kulit, kulit yang bergelambir dan juga masalah penuaan lainnya hal tersebut dikemukakan dalam beberapa penelitian yang telah banyak dilakukan oleh para peneliti ahli. Selain itu, vitamin C berguna membuat kulit menjadi lebih halus sekaligus dapat mengenyalkan kulit dan juga dapat menghilangkan flek-flek hitam pada kulit.

2.  Vitamin B3

Vitamin B3 adalah vitamin yang berfungsi untuk menambah kelembaban kulit dan mengurangi kemerahan. Ada banyak produk dari vitamin B3 ini diantaranya lotion, krim dan juga serum yang lebih dikenal dengan sebutan niacinamide yang berfungsi memberikan efek perlindungan pad kulit. Apabila kulit memiliki pelindung yang kuat maka kelembaban kulit menjadi lebih terjaga dan terhindari dari iritasi, sehingga cukup cocok apabila digunakan pada kulit kering dan sensiti. Anda bisa menggunakan B3 ini pada malam hari untuk meminimalkan iritasi yang diakibatkan oleh retinoid. Anda bisa menggunakannya bersamaan antara retinoid dengan B3. Jika keduanya digunakan bersamaan dipercaya bisa memberikan efek yang lebih maksimal untuk melawan penuaan.

3. Vitamin K

Vitamin K dipercaya dapat membantu dalam menghilangkan lingkar hitam pada kelopak mata. Penyebab menghitamnya daerah sekitar mata dipercaya karena pembuluh kapiler yang berada disekitar daerah mata sering bocor. Dengan adanya vitamin K atau zat bernama phytonadione dapat membantu dalam mengendalikan aliran darah dalam tubuh. Penggunaan vitamin K pun dipercaya dapat membantu agar lingkar mata yang mengalami penghitaman bisa menjadi lebih terlihat cerah kembali. Anda bisa menggunakan 2-3 hari setiap minggunya ketika Anda hendak tidur agar tidak terjadi iritasi.

4. Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang bisa melawan penuaan pada kulit. Vitamin A memiliki sifat retinoid yang mampu memperlambat dari timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Retinoid biasanya bisa bekerja antara 4 sampai dengan 8 minggu. Penggunaan retinoid biasanya memunculkan beberapa efek samping seperti muncul kemerahan, iritasi, pengelupasan bahkan menjadikan kulit kering. Untuk lebih jelas tentang penggunaannya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli. Anda bisa menggunakan vitamin A pada malam hari agar lebih maksimal.

5. Vitamin E

Vitamin E berfungsi untuk melawan terjadinya kekeringan pada kulit. Selain itu vitamin E juga mampu menjadi pelembap alami bagi kulit dan radikal bebas pada kulit juga mampu dinetralkan menggunakan vitamin E. Penggunan vitamin E bisa mencegah terjadinya kemerahan pada kulit, kering dan pembengkakan jika digunakan sebelum terkena sinar matahari. Sinar matahari dapat merusak produksi vitamin E alami kulit hampir setengahnya.

Sumber: HarianSehat

Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments