Lain-lain

Khasiat Gula Aren untuk Kesehatan

Gula aren merupakan gula merah asil yang memiliki khasiat banyak untuk kesehatan. Meskipun begitu, mayoritas masyarakat zaman sekarang lebih memilih gula merah biasa atau gula pasir dibandingkan dengan gula aren. Hal tersebut disebabkan karena gula aren memiliki warna merah yang dapat merusak warna dasar pada makanan ataupun minuman yang akan disajikan. Meskipun demikian, gula aren ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan-makanan tertentu seperti jenang, gado-gado dan lain sebagainya.

Gula aren merupakan pemanis alami yang terbuat dari air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pada pohon aren. Aren merupakan salah satu tanaman palem-paleman yang kaya akan kandungan karbohidrat yang terdapat dalam bentuk glukosa. Kadar gula aren ini cukup tinggi dibandingkan dengan gula merah ataupun gula pasir. Meskipun tinggi, gula aren memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut Khasiat Gula Aren

1. Mengobati Sariawan

 

Gula aren memiliki kandungan niacin yang berkhasiat untuk mengobati sariawan pada mulut Anda. Cara mengobatinya sangat sederhana, Anda hanya cukup menempelkan gula aren pada bagian mulut yang mengalami sariawan, maka beberapa hari kemudian akan sembuh.

2. Mencegah Anemia

Gula aren merupakan salah satu sumber energi yang dapat membuat tubuh Anda menjadi bersemangat untuk melakukan berbagai macam aktifitas, sehingga peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, gula aren mengandung sedikit zat besi yang dapat menambah kadar darah Anda.

 

3. Untuk Penderita Diabetes

Gula aren berkhasiat mengurangi kadar gula di dalam tubuh. Karena gula aren terdiri dari gula sederhana yang mudah dicerna dan lebih cepat mengalami proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga tidak akan membuat kadar gula pada darah Anda menjadi semakin tinggi. Meskipun demikian, Anda tetap harus membatasi jumlah konsumsi gula agar tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh

Gula aren mempunyai kandungan karbohidrat dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu sekitar 11,18%. Karbohidrat tersebut terdapat dalam bentuk gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa yang akan lebih mudah untuk dicerna, sehingga dapat menggantikan sumber energi yang telah berkurang di dalam tubuh.

 

5. Untuk Kecantikan

Anda dapat menjadikan gula aren sebagai bahan campuran untuk lulur. Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah lulur yang biasa Anda gunakan, gula aren, dan minyak zaitun. Campurkanlah setengah cangkir gula aren dan 5 tetes minyak zaitun ke dalam lulur. Kemudian gunakan campuran tersebut pada tuduh Anda untuk mengankat sel-sel kulit mati.

6. Mencegah Penyakit Hepatitis

Gula aren mengandung kadar kolesterol yang rendah, sehingga dapat mencegah penumpukan lemak pada hati. Selain itu, gula aren memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

7. Mengurangi Kadar Kalori di Dalam Tubuh

Khasiat  gula aren yang paling ampuh adalah dapat menurunkan berat badan, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin diet. Sebab, gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir ataupun gula merah. Rasa manis yang dimiliki gula aren ini dapat membuat Anda menjadi lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar, sehingga dapat mencegah Anda untuk mengonsumsi banyak makanan.

8. Mengurangi Rasa Sakit Untuk Penderita Maag

Maag merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya luka yang terdapat pada dinding lambung. Hal tersebut disebabkan karena banyak mengandung makanan yang memiliki rasa asam seperti sambal, jeruk dan lain sebagainya. Manfaat gula aren untuk maag adalah dapat mengurangi rasa nyeri di lambung. Sebab, gula aren mengandung riboflavin, thiamine, pyiridocsin dan ascorbic acid yang dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab maag.

 

9. Sebagai Bahan Campuran Obat Tradisional

Jamu tradisional yang dijual di Indonesia dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit secara ampuh. Untuk mengurangi rasa pahit pada amu tersebut, biasanya pemanis yang digunakan berasal dari gula aren. Hal tersebut disebabkan karena gula aren memiliki berbagai macam kandungan alami yang dapat menguatkan manfaat dari bahan-bahan herbal pada amu tersebut. Selain itu, gula aren dapat bersifat sebagai antibakteri untuk membunuh mikroorganisme yang merugikan.

10. Sebagai Sumber Antioksidan

Gula aren mengandung vitamin C yang baik untuk dijadikan sebagai sumber antioksidan. Selain untuk meningkatkan ketahan tubuh, vitamin C juga dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, Anda akan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara dan kanker lainnya.

11. Gula Aren dan Manfaatnya Untuk Sistem Syaraf

Gula aren dapat membuat Anda merasa menjadi lebih rileks di saat mengalami stress atau depresi. Hal tersebut diesababkan karena gula aren mengandung kadar selenium yang cukup tinggi. Selenium bermanfaat untuk membantu melemaskan sel-sel otot yang kaku. Cara pemanfaatannya cukup sederhana, Anda hanya perlu merebus gula aren yang dicampur dengan sedikit air hingga mencair pada api yang sedang. Kemudian, tunggulah beberapa saat hingga tidak terlalu panas. Minumlah air gula tersebut di malam hari ketika Anda ingin beristirahat.

Cara Membedakan Gula Aren Asli atau Palsu

Gula aren asli, rasanya manis legit. Gula aren palsu rasanya sangat manis dan agak pahit.
Gula aren asli, bila dipotong tidak ada lubang-lubang, Gula aren palsu banyak lubang-lubang.
Gula aren asli, jika dikerik butirannya halus, Gula aren campuran jika dikerik butiran kasar.
Gula aren asli aromanya khas wangi aren.

Sumber: Manfaat

Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments