Radar Pendidikan

Kerinduan Upacara Kini Terbayarkan

SD Negeri 02 Sijambe

MEMBAIK – Kondisi gedung dan halaman SDN 02 Sijambe yang telah membaik usai ditinggikan.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*SD Negeri 02 Sijambe

WONOKERTO – SD Negeri 02 Sijambe kini telah mengalami beberapa kali peninggian. Salah satu dampak signifikan yang paling menonjol ialah peninggian halaman sekolah.

“Sepertinya sudah dua tahun kami tidak beraktivitas di halaman sekolah, bahkan tidak ada upacara bendara setiap hari Senin,” ujar salah seorang pengajar SD Negeri 02 Sijambe, Krisandi Oktofredi SPd, kepada Radar Pekalongan, Minggu (11/02).

Sejak bencana rob mulai menerjang Desa Api-api, Wonokerto Kulon, Wonokerto Wetan, hingga Sijambe menjadikan aktivitas warga terganggu. Tak hanya itu, rupanya air rob juga mengganggu aktivitas rutin yang dilaksanakan SD Negeri 02 Sijambe.

“Alhamdulillah ini sudah ditinggikan hampir sekitar selutut orang dewasa atau sekitar 30 centimeter. Peninggian selesai pertengahan tahun kemarin,” kata Pak Kris, sapaan akrabnya.

Peninggian tersebut memberikan dampak yang baik bagi pihak sekolah, karena siswa yang sedia kala sudah tak pernah menjalankan upacara bendera kini sudah mulai berjalan kembali. “Ya kami dulu juga sempat merindukan sekali suasana upacara, padahal kan upacara itu penting untuk siswa. Dari kegiatan upacara siswa jadi paham kedisiplinan, tahu lagu kebangsaan Indonesia Raya, tahu Teks Undang-Undang Dasar (UUD 195), tahu Teks Pancasila dan yang lainnya,” ujar dia.

Tidak hanya kegiatan upacara bendera, praktik mata pelajaran olahraga juga terganggu karena tidak berfungsinya halaman sekolah. “Kalau upacara kadang ada yang di dalam ruang, kadang juga di jalan sekitar sini. Lapangan Sijambe juga sudah terendam jadi nggak bisa disana,” kata dia.

Masa silam yang dirasakan selama 2 tahun tersebut kini tidak lagi dirasakan. Kerinduan akan kegiatan upacara kini kembali bisa dirasakan oleh siswa maupun guru. “Dulu seolah aktivitas di sekolah itu sepi sekali, tapi alhamdulillah sekarang kepercayaan masyarakat sudah mulai bisa dibangung,” tandasnya. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments