Radar Pendidikan

Meski Minim Fasilitas, SD Sampangan 01 Tetap Berprestasi

SDN Sampangan 01

MAIN – Keseruan para siswa menggunakan lapangan mini untuk beraktivitas olah raga saat waktu istirahat.
MALEKHA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Tak melulu harus berfasilitas lengkap untuk mengejar prestasi, ini coba dibuktikan SDN Sampangan 01, yang mampu menorehkan prestasinya hingga Provinsi meskipun dengan kondisi serba terbatas.

Demikian disampaikan Pembina Atlet SDN Sampangan 01, Faruk Hidayat SPd, kepada Radar Pekalongan di halaman sekolah, Selasa (13/2). “Kalau dilihat fasilitasnya ya memang kurang memadai mbak, kita berada di lokasi padat penduduk. Tanah yang kita punya untuk lapangan cuma segini hanya bisa dibuat lapangan mini,” ungkap Faruk sapaan akrabnya.

Meskipun begitu, semangat para guru dan siswa untuk tidak berputus asa menghadapi kondisi membawa angin segar bagi SD yang terkenal dengan Indonesia mini ini. Mereka justru meraih prestasi-prestasi membanggakan dari fasilitas yang tidak memadai.

“Prinsip kita jalani saja apa yang ada, maksimalkan apa yang kita punya dan ikhtiar terbaik yang kita bisa. Alhamdulillah bola voly, renang dan bulu tangkis masuk hingga taraf Provinsi,” tuturnya.

Sejauh ini, pihak sekolah dan Pemerintah Kota Pekalongan sudah turut andil memberikan kontribusi atas keberhasilan prestasi yang diraih SDN Sampangan 01. Meskipun secara lokasi tidak bisa berbuat apapun, namun bantuan riil lain tetap didapatkan.

“Kalau Dinas sendiri ya memberikan sarpras ya, alat-alat yang dibutuhkan. Cuma kita tidak mengandalkan dinas, karena kita tahu dinas mengurusi banyak sekolah. Alhamdulillah komite dan orang tua disini tandang jadi mudah kita membina anak-anak didik untuk berprestasi,” ujar laki-laki yang hobi berenang ini.

Pihaknya berharap bagaimanapun kondisi yang dimiliki, anak-anak tetap nyaman dan bahagia untuk meraih prestasi sesuai bakat dan minat mereka. Sehingga mampu mengharumkan nama Kota Pekalongan. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments