Radar Pendidikan

SMK Islamiyah Sapugarut Motivasi untuk Kesiapan Mental Siswa

SMK Islamiyah Sapugarut

DAPAT – Siswa kelas XII SMK Islamiyah mendapatkan motivation training untuk menghadapi UNBK 2018, Senin (12/2).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

SAPUGARUT – SMK Islamiyah Sapugarut memberikan motivasi sebagai bekal kesiapan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kegiatan yang digelar pada Senin (12/2) tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Bertindak sebagai pembicara adalah Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Jauhar Ali.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, M Syarifudin menuturkan motivation training ini diikuti seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 113 anak, dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Akuntansi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan spirit kepada siswa yang akan menghadapi UN, sehingga diharapkan dapat menambah semangat belajar dan meningkatkan prestasi,” ujarnya kepada Radar, Senin (12/2).

Di dalam motivation training, siswa mendapatkan gambaran dan deskripsi sukses beserta contohnya. Kerja keras dan latihan yang tidak kenal lelah menjadi salah satu poin menuju kesuksesan. Hal tersebut dapat ditanamkan kepada diri setiap siswa yang notabene ingin sukses dalam UN mendatang. Di akhir kegiatan, siswa akan melakukan muhasabah dan doa bersama sebagai tambahan persiapan mental.

Syarif, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa dalam kegiatan tersebut siswa juga mendapatkan evaluasi hasil try out yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali. Pemadatan materi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan teori kejuruan akan dilaksanakan pada dua minggu ke depan.

“Kami mengevaluasi bersama hasil try out untuk mendorong siswa agar berubah dan semakin rajin belajar. Jadwal kelas tiga kami padatkan sebagai persiapan menuju UN,” jelasnya.

Syarif berharap siswa SMK Islamiyah akan mendapatkan hasil terbaik dalam UNBK dan meraih peringkat pertama. Dirinya optimis siswa akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan persiapan yang matang. Terlebih, beberapa siswa mendapatkan nilai yang tinggi dalam hasil dua kali try out sebelumnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments