Kesehatan

Inilah Tips Menjaga Agar Mata Tetap Sehat

Mata sebagai indera penglihatan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan mata, manusia bisa melihat obyek, warna, dan berbagai keindahan di dunia ini berkat kedua mata kita.Bagaimana jika mata tidak  berfungsi sebagaimana mestinya, tentu hal itu akan menghambat aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata agar selalu sehat.

Cara menjaga kesehatan mata:

1.Konsumsi makanan yang bernutrisi

Tidak hanya tubuh, mata juga membutuhkan asupan nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat untuk menunjang fungsi retina mata, mencegah kerusakan mata sehingga dapat memperlambat perkembangan penyakit.
Beberapa bahan makanan yang mengandung zat nutrisi yang diperlukan mata antara lain:

a.Wortel

Wortel banyak akan kandungan betakaroten. Betakaroten kemudian diproses oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang bisa membuat mata menjadi lebih sehat dan segar

b.Tomat

Tomat juga sering kita jumpai dibuat minuman segar seperti jus. Buah tomat memang dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Namun, selain vitamin C, tomat juga memiliki kandungan vitamin yang lain, yakni vitamin A.

c.Telur

Bahan yang sering dipakai untuk membuat adonan kue ini salain kaya akan vitamin D dan B12, telur juga memiliki kandungan vitamin A. Kandungan dalam putih telur seperti lutein dan zeaxanthin dipercaya bisa mengatasi timbulnya masalah mata seperti katarak.

d.Sayur bayam

Sayur bayam merupakan sayuran hijau yang baik untuk kesehatan mata. Hal itu karena bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

e.Alpukat

Buah ini memiliki kandungan gizi seperti lutein yang baik untuk kesehatan mata.

f.Ikan salmon

Ikan salmon dikenal dengan kandungan omega 3 yang bisa memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mata. Omega 3 memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan retina dan menurunkan resiko degenerasi makula (gangguan retina yang biasanya sering menimpa orang yang sudah tua).

2.Istirahatkan Mata

Memandang layar komputer tidak buruk bagi mata. Namun jika memandangnya terlalu lama akan membuat mata lelah, kering, gangguan fokus, hingga sakit kepala. Begitu juga halnya ketika mata berfokus pada sesuatu dalam waktu yang lama.

Dianjurkan untuk sering mengedipkan mata agar permukaannya tetap terhidrasi, dan jalankan aturan 20/20 yang artinya setiap 20 menit melihat layar komputer, alihkan pandangan dari layar setidaknya 20 detik. Lihatlah sesuatu di luar jendela atau sesuatu yang jauh untuk membuat mata mempertahankan kemampuan fokusnya.Selain itu, pastikan jarak mata dengan layar komputer setidaknya 30 cm. Ini juga berlaku ketika anda membaca buku.

3.Lindungi Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, anda dapat melakukannya dengan melindungi mata saat beraktivitas di luar rumah. Ketika anda berkendara dengan kendaraan terbuka, usahakan untuk memakai helm. Saat berenang, usahakan untuk memakai kacamata renang. Hal tersebut sangat penting untuk anda lakukan agar mata dapat terhindar dari benda yang hendak memasukinya.Saat membeli kacamata, pilihlah yang dapat mem-blok 90% – 100% kedua sinar UV-A dan UV-B. Jika keluar ruangan di siang hari, gunakanlah kacamata tersebut. Topi juga bisa digunakan sebagai proteksi tambahan.

4.Jangan mengucek mata

Jika mata terasa gatal, jangan dikucek karena tangan anda belum tentu dalam keadaan yang steril. Untuk meredakan gatal tersebut, anda dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotik. Dengan begitu, mata anda tidak akan terkena kuman atau mengalami iritasi karena terlalu banyak dikucek.

5.Hindari membaca dalam kondisi gelap

Mata akan dipaksa bekerja lebih keras untuk membaca dalam kondisi gelap karena menyesuaikan pencahayaan dalam ruangan. Kebiasaan negatif ini yang dapat mengakibatkan mata minus atau silindris. Untuk itu, jangan paksakan mata untuk membaca di ruangan yang pencahayaannya redup.

Sumber: Web Kesehatan, Khasiat dan Manfaat, Manfaatnya Sehat

Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments